BPK Banjarbaru, 01/04/2015. 134 anak dan 14 guru pendamping TK. Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA)  Landasan Ulin berkunjung ke BPK Banjarbaru pada tanggal 12/03/2015 untuk mengenal hutan, tanaman dan lingkungan sejak dini. Tentu, BPK Banjarbaru menyambut baik kunjungan tersebut.IMG_2188

Kegiatan ini dikemas khusus untuk anak-anak. Maka tema yang diangkat “Bermain sambil belajar untuk mengenal hutan”. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor dan Arboretum BPK Banjarbaru ini dikemas sedemikian rupa oleh para peneliti, teknisi dan seksi Data Informasi dan Kerjasama (DIK). Harapannya anak-anak mendapat pengalaman yang berbeda dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari di sekolah. Berikut kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan TK. Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA)  Landasan Ulin ke BPK Banjarbaru.

Mengenal Hutan

Pada sesi ini, anak-anak diajak berkeliling di areal arboretum BPK Banjarbaru.  Pendamping dari BPK Banjarbaru mengajak anak-anak utuk mengetahui  jenis-jenis pohon, buah, serta satwa yang ada di sekitar arboretum

Mengenal Satwa

Satwa merupakan bagian penting dari hutan, oleh karena itu pengenalan hutan rasanya tak lengkap tanpa dibarengi pengenalan satwa. Ular phyton dan laba-laba merupakan jenis satwa yang diperkenalkan pada sesi ini. Selain dua jenis satwa ini, anak-anak juga diajak mengenal jenis hewan lain melalui gambar yang disediakan panitia.

Menanam Pohon

Sesi ini bertujuan untuk memberi pengalaman anak untuk membuat bibit tanaman dan menanam. Keceriaan dan antusiasme anak-anak tampak terlihat saat mengikuti sesi ini. Anak-anak diajak menanam benih yang telah disemai ke dalam polybag yang sudah disediakan.  Selanjutnya anak-anak didemontrasikan cara menanam pohon.

Pemutaran Film tentang Hutan

Setelah melakukan aktivitas pengenalan satwa, praktik menanam pohon dan berjalan-jalan di arboretum, anak-anak diajak untuk  beristirahat sambil mengikuti sesi pemutaran film. Pada sesi ini diputar film dengan durasi dua menit. Film yang diputar adalah film tentang hutan, hewan dan manusia. Sesi ini juga diselipi beberapa kuis yang menguji wawasan anak-anak tentang satwa dan tumbuhan.

 

Meskipun beberapa anak tampak lelah setelah mengikuti kegiatan ini, tak bisa ditutupi rasa senang dari peserta setelah mengikuti seluruh sesi acara. Pada sesi penutupan Ibu Retno, Kepala sekolah  TK. Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA)  Landasan Ulin mengucapkan terimakasih atas sambutan yang luar biasa. “Kegiatan ini sangat bermanfaat, dan anak-anak kami sangat senang berkunjung ke BPK Banjarbaru” ujar Ibu Retno.

Mewakili Kepala BPK Banjarbaru, Kepala Seksi DIK Ibu Winingtyas Wardani menyampaikan “ semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan anak-anak dapat memahami pentingnya menjaga hutan dan lingkungan”. Sebagai kenang-kenangan, BPK Banjarbaru memberikan cinderamata berupa 20 bibit pohon tanjung kepada Ibu Kepala sekolah untuk ditanam di sekolah.

Hutan dan segala isinya menyimpan berbagai manfaat besar bagi kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, pengetahuan tentang hutan dan kecintaan terhadap hutan sepatutnya dimiliki oleh setiap orang, termasuk juga anak-anak. ***Saf-Fzh

 

Written by :