RePeat (Rehabilitation of Peatland)

Komentar Dinonaktifkan pada RePeat (Rehabilitation of Peatland) 164

 

Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tumbang Nusa merupakan stasiun riset penelitian dengan luas 5000 ha, yang terletak di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.  KHDTK Tumbang Nusa memberikan informasi lengkap terkait studi-studi di lahan rawa gambut antara lain : kesesuaian jenis dengan tapak, budidaya pohon-pohon hutan rawa gambut, agroforestry lahan rawa gambut, informasi mikroba rawa gambut, dinamika tegakan rawa gambut, serta berbagai penelitian lainnya. Selain sebagai lokasi penelitian, KHDTK Tumbang Nusa juga memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang melimpah antara lain Meranti Bunga (Shorea tesmaniana), Merapat (Combretocarpus rotundatus), Ramin (Gonystylus bancanus), 26 Jenis Burung, Orang utan (Pongo pygmaeus), dan lain-lain.

Berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari KHDTK Tumbang Nusa ini terusik oleh kejadian kebakaran tahun 2015. Sekitar lebih dari 1000 hektar kawasan KHDTK Tumbang Nusa terbakar. Kejadian kebakaran ini juga menghanguskan berbagai plot penelitian serta keanekaragaman flora di sana. Bahkan, beberapa orangutan juga ditemukan berusaha menyelamatkan diri saat kejadian kebakaran di KHDTK 2015 di Tumbang Nusa.

Dalam rangka merehabilitasi lahan gambut pasca terbakar, dilakukan aksi nyata dengan melakukan kegiatan penanaman  “RePeat”. “RePeat” dilaksanakan di Hutan Rawa Gambut pasca terbakar di KHDTK Tumbang Nusa.

Siapa saja yang bisa berpartisipasi ?

Individu atau kelompok dari berbagai usia, mahasiswa, pelajar, masyarakat umum, bisa berpartisipasi dalam kegiatan “RePeat”.

Bagaimana caranya ?

Caranya cukup mudah. Cukup mendaftar dengan mengirim email atau sms melalaui CP “RePeat”.

Kapan pelaksanaan “RePeat”?

“RePeat” dilakukan secara periodik. Untuk periode Februari-April 2016, kami akan melaksanakan jadwal penanaman pada :

Minggu ke-4 bulan Februari 2016

Minggu ke-2 bulan Maret 2016

Minggu ke-4 bulan Maret 2016

Minggu ke-2 bulan April 2016

Anda bisa menyesuaikan jadwal anda dengan jadwal penanaman. Untuk kelompok yang ingin melakukan penanaman di luar tanggal tersebut, bisa menghubungi Contact Person (CP) RePeat.

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Panitia akan menyediakan bibit untuk ditanam di lahan bekas terbakar. Peserta perlu mempersiapkan personal use masing-masing.

Apa yang akan saya dapatkan jika mengikuti Repeat?

Mengikuti RePeat berarti anda berpartisipasi nyata dalam kegiatan rehabilitasi lahan rawa gambut. Selain itu, anda akan mendapatkan kuliah singakat tentang rawa gambut, sertifikat, dan Souvenir (selama persediaan masih ada). Selain itu, anda akan diberi laporan secara berkala bagaimana perkembangan tanaman yang anda tanam.

 

Tunggu apalagi? Inilah saatnya memberikan aksi nyata anda untuk aktif dalam kegiatan pelestarian hutan Rawa Gambut.

CP : Purwanto B. Santosa (081371082560/pur_balitaman@yahoo.com)

Rudi S. (085246331965)

admin

Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.

View all contributions by admin

Website: http://foreibanjarbaru.or.id