BP2LHK_Banjarbaru (Banjarbaru_27052016). Penanaman di lahan gambut seringkali mengalami kegagalan. Penanaman gemor (Nothaphoebe cariaceae) yang merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh di rawa gambut dengan menggunakan teknik gundukan ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan hingga mencapai 446 %.

Gemor (Nothaphoebe cariaceae) merupakan salah satu jenis pohon penghasil produk hutan bukan kayu (HHBK) di rawa gambut. Kulit kayu gemor digunakan sebagai bahan perekat/lem dan obat nyamuk. Selain itu kulit, daun dan buah gemor memiliki potensi sebagai bahan obat. Budidaya gemor masih terkendala beberapa hal antara lain kondisi lahan gambut yang sering tergenang sehingga menyebabkan tanaman tenggelam dan mengalami kematian.

Uji coba penanaman gemor dengan teknik gundukan telah dilakukan di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru. Areal penanaman gemor terletak di hutan rawa gambut sekunder dan bekas terbakar + 18 tahun yang lalu dan termasuk dalam wilayah Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tumbang Nusa, Kalimantan Tengah.

Gundukan yang dibuat dengan cara memasukkan gambut ke dalam karung ukuran volume 50 kg. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Purwanto Budi Santosa, salah satu peneliti di BP2LHK Banjarbaru dan tim menunjukkan bahwa teknik gundukan ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan tinggi, diameter dan jumlah daun tanaman gemor umur 3 bulan jika dibanding tanpa gundukan dengan persentase masing-masing secara berurutan 446 %; 1,7 % dan 5,8 %.

Hasil pengamatan menunjukkan lahan yang digunduk memiliki pH yang lebih tinggi dan kandungan serat yang lebih rendah jika dibanding lahan yang tidak di gunduk. pH tanah yang meningkat mampu meningkatkan ketersediaan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman, sedangkan kandungan serat yang lebih rendah menunjukkan tingkat dekomposisi yang lebih baik. Semakin tinggi dekomposisi gambut, semakin baik tingkat kesuburannya. Selain itu, gundukan juga mampu meningkatkan suplai hara pada tanaman karena stimulasi dari mineralisasi humus. Kondisi lingkungan inilah yang dapat menjelaskan dengan adanya gundukan, pertumbuhan tanaman gemor menjadi lebih baik.

Hasil positif dari penggunaan teknik gundukan pada penanaman tanaman gemor di lapangan diharapkan mampu menjadi salah satu teknik meningkatkan keberhasilan budidaya gemor di lahan rawa gambut sebelum jenis ini semakin langka dan akhirnya punah (JND) ***.

Hubungi lebih lanjut :
Purwanto Budi Santosa
Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru
URL  :http://foreibanjarbaru.or.id
Jl. A. Yani km. 28,7 Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan
Telp /Fax : (0511) 4707872 / (0511) 4707872

 

Written by :