Identifikasi Bunga Dan Buah Beberapa Jenis Pohon Dari Genus Macaranga Dan Mallotus Di KHDTK Kintap

Oleh : Edi Suryanto

ABSTRAK

Jenis-jenis dari genus Macaranga dan Mallotus dapat tumbuh pada ketinggian 0-3000 meter diatas permukaan laut dan umumnya merupakan jenis pionir yang dapat tumbuh pada areal yang terbuka seperti halnya ditepi-tepi jalan sarad dan rumpang pada areal bekas tebangan. Jenis pohon dari famili Euphorbiaceae ini juga baik untuk pembuatan pulp dan kayu lapis terutama pada marga Macaranga spp. selain itu dapat juga digunakan untuk bahan bangunan sementara yang tidak berhubungan langsung dengan tanah.
Kegiatan identifikasi jenis pohon yang paling mudah adalah melakukan pengamatan terhadap batang dan daun karena dapat dilakukan setiap saat, sedangkan untuk pengamatan terhadap bunga dan buah relatif lebih sulit karena tergantung pada saat musim berbunga dan berbuah saja. Selain itu setiap pohon memiliki periode berbunga dan berbuah yang berbeda satu sama lain yaitu ada yang sepanjang tahun dan ada yang beberapa tahun sekali
Tujuan dari kegiatan pengamatan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai bunga dan buah beberapa jenis pohon dari genus Macaranga dan Mallotus famili Euphorbiaceae di KHDTK Kintap. Kegiatan identifikasi yang dilakukan adalah mengamati dan mengukur bentuk-bentuk bunga dan buah, panjang tangkai bunga/buah, besar buah, warna daging buah, ukuran dan warna biji. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa di KHDTK Kintap terdapat lima jenis pohon yang berbunga dari genus Macaranga sedangkan dari genus Mallotus hanya dijumpai satu jenis yang berbunga.

Download –> HUBUNGI ADMIN

Written by : and