Galam Volume IV Nomor 3 Tahun 2010-Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu Di Kelimantan Selatan

Komentar Dinonaktifkan pada Galam Volume IV Nomor 3 Tahun 2010-Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu Di Kelimantan Selatan 13

Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu Di Kelimantan Selatan

Oleh : Johansen Silalahi

ABSTRAK

Kehutanan merupakan sektor yang berkontribusi terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satu hasil hutan non kayu yang dapat dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan dalam negeri kita adalah gaharu. Gaharu adalah sejenis damar yang terbentuk secara semula jadi akibat daripada tindak balas pokok gaharu ke atas serangan fungus/bakteria (penyakit). Pokok yang diserang menyebarkan sejenis minyak berbau bagi melindungi bagian yang cedera (sama ada akar, batang, dahan dan sebagainya) di mana minyak ini lama kelamaan akan menjadi keras (damar). Bahan damar yang terhasil ini pula mengandung bahan sari atau resapan damar yang wangi dan dikenali sebagai gaharu.
Keberadaan gaharu harus tetap dilestarikan keberadaannya karena manfaat gaharu sangat berperan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri dan ekspor ke luar negeri. Gaharu merupakan hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang mempunyai peranan penting untuk meningkatkan devisa Negara dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar hutan. Manfaat gaharu adalah obat sakit perut, stress, tumor, kanker, asma, hepatitis dan gangguan ginjal. Selain itu gaharu telah dipergunakan sebagai bahan baku industri parfum, kosmetika, dan pengawet berbagai jenis aksesori.

Donwload –> HUBUNGI ADMIN

pauziah

Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.

View all contributions by pauziah

Website: http://foreibanjarbaru.or.id