Prosiding 2013: Efisiensi Pemasaran Kayu Sengon Rakyat (Studi Kasus di Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan)

Komentar Dinonaktifkan pada Prosiding 2013: Efisiensi Pemasaran Kayu Sengon Rakyat (Studi Kasus di Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan) 37

Efisiensi Pemasaran Kayu Sengon Rakyat
(Studi Kasus di Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan
Selatan)

Oleh:

Adnan Ardhana, Syaifuddin dan Dian Cahyo Buwono

ABSTRAK

Jenis kayu hutan rakyat yang dikembangkan saat ini adalah Sengon (Paraserianthes falcataria (L.) Nielsen) yang banyak digunakan sebagai tanaman penghasil kayu industri karena keunggulan yang dimiliki oleh kayu ini. Sistem pemasaran yang efisien sangat mempengaruhi tingkat pendapatan petani. Petani harus memilih saluran pemasaran yang tetap sehingga mampu menekan biaya pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran kayu sengon rakyat di Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru, Propinsi Kalimantan Selatan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, survei, dan penelusuran dokumen. Analisis data menggunakan analisis marjin pemasaran dan menghitung nilai efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan ada 2 (dua) cara petani menjual produk tanaman sengon yaitu dalam bentuk pohon berdiri dan kayu bulat dengan diameter rata-rata 40 cm ke atas. Saluran pemasarannya dari petani pemilik kayu menjual ke padagang kayu kemudian pedagang kayu menjual ke industri plywood. Pada penjualan pohon berdiri, marjin keuntungan yang diterima petani sebesar 18,01 % dan marjin keuntungan yang diperoleh pedagang kayu sebesar 28,14%, sedangkan pada penjualan kayu bulat margin keuntungan yang diterima pedagang turun menjadi 26,95% yang diikuti oleh peningkatan bagian petani sebesar 36,01 % atau hampir 200 % dari penjualan pohon berdiri. Nilai efisiensi pemasaran kayu sengon rakyat dengan pola pemasaran pohon berdiri sebesar 53,84 % dan kayu bulat sebesar 50,25 %. Dengan demikian dapat dikatakan saluran pemasaran kayu sengon rakyat di Kecamatan Pulau Laut Timur kurang efisien.

DOWNLOAD

admin

Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.

View all contributions by admin

Website: http://foreibanjarbaru.or.id