BP2LHK Banjarbaru. 13/09/2016. Hari Selasa, 11 Dzulhijah 1437 H, dihari kedua hari raya Idul Adha BP2LHK Banjarbaru melaksanakan pemotongan hewan kurban. Sebanyak 3 ekor sapi dari 21 orang peserta kurban yang semuanya adalah karyawan dan keluarga BP2LHK Banjarbaru. Ibadah kurban sejatinya dapat meningkatkan keimanan dan ketaatan kita kepada Allah layaknya Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan anaknya Ismail. Harapannya kita semakin taat terhadap semua perintah Allah SWT, sebagai bentuk ketundukan kita sebagai seorang hamba.

KH. Muhammad Irham memimpin jalannya akad kurban. Masing-masing yang berkurban melaksanakan akad dengan beliau. Sekitar pukul 09.00 wita semua hewan kurban disembelih. Selanjutnya para karyawan yang telah dibagi dalam kepanitian, masing-masing bekerja dengan semangat. Ada kegembiraan di wajah-wajah mereka yang dengan cekatan memainkan pisaunya menyayat, menguliti sapi yang sudah disembelih. Tentu dengan komando langsung dari Kepala Balai yang ikut serta bekerja menguliti sapi kurban.

Di tempat terpisah para karyawan/i dan sebagian ibu-ibu dharma wanita memotong daging menjadi irisan yang lebih kecil. Ikut serta ibu kepala balai bersama ibu-ibu lainnya mengemas dengan sebelumnya menimbang daging sesuai berat yang sudah ditentukan. Untuk Idhul Adha kali ini didapatkanlah 474 paket daging kurban, dari 3 ekor sapi tersebut

Mulai pukul 12.00 dimulailah pembagian daging kurban. Para karyawan, masyarakat sekitar kantor satu persatu menunjukkan kuponnya dan mengambil daging kurban. Ketua panitia kegiatan ini H. Sukhyar Faidil memimpin langsung pembagian daging kurban. Dengan cekatan sekretaris kegiatan Krisna Irawan mencontreng nomor kupon yang sudah diambil dagingnya. Selain itu daging kurban juga dibawa ke panti asuhan sekitar Balai dan KHDTK terdekat..

Ditempat terpisah, ibu-ibu seksi konsumsi menyiapkan menu makan siang untuk semua karyawan dan keluarga besar BP2LHK Banjarbaru. Menu special sop iga sapi yang gurih dari koki handal Ibu Norita Indriani langsung diserbu, benar-benar makan siang yang penuh dengan kebersamaan.

Sambil menunggu daging kurban diambil. Ibu-ibu bergotong royong mencuci piring yang penuh dengan lemak. Sambil bercanda untuk menghilangkan penat , piring-piring yang kotor pun selesai dicuci. Nampak kegiatan ini semakin merekatkan kebersamaan dan kekeluargaan antar karyawan.

Tahun depan kegiatan ini akan dilaksanakan kembali, dan semoga semakin banyak lagi yang mau berpartisipasi ikut bekurban. (FZH)





Written by :