whatsapp-image-2016-11-22-at-08-12-01BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 18/11/2016). Di era sekarang, sosial media tidak bisa diremehkan, bahkan menjadi komponen sangat penting bagi suatu instansi, salah satunya adalah berperan dalam kegiatan promosi. Gencar melakukan promosi melalui social media, baik Facebook, Website, Instagram, dan Broadcast Message ternyata mampu menaikkan jumlah kunjungan ke Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tumbang Nusa yang terletak di Tumbang Nusa Palangkaraya.

vikstor“Berkat promosi kegiatan KHDTK via social media, jumlah pengunjung naik lebih dari 300% dibanding tahun sebelumnya,” ujar Purwanto B Santosa, M.Sc yang merupakan pengelola KHDTK Tumbang Nusa. Promosi via social media ini gencar dilakukan dari bulan Februari 2016 bersamaan dengan diluncurkannya program sukarela “Re-Peat” yang merupakan program  rehabilitasi kawasan hutan rawa gambut di KHDTK Tumbang Nusa. Promosi via social media ini juga didukung oleh semua karyawan dari BP2LHK Banjarbaru yang turut serta menyeberluaskan informasi melalui akun social media masing-masing sehingga cakupan sebaran informasi bisa meluas.

Berkat promosi “Re-Peat”  ini di social media, masyarakat dengan komunitasnya masing-masing secara sukarela mendaftarakan diri untuk bergabung dalam kegiatan rehabilitasi lahan rawa gambut bekas terbakar. Sebagai contoh : Organisasi pemuda, anggota TNI, dan Komunitas Keagamaan. Sebagai informasi, hingga saat ini kurang lebih sebanyak 6300 bibit sudah ditanam dalam kegiatan “Re-Peat”.

Selain jumlah pengunjung yang meningkat, adanya promosi via social media ini juga meningkatkan variasi pengunjung di KHDTK Tumbang Nusa. “Sebelumnya, mayoritas pengunjung adalah akademisi dari perguruan tinggi atau lembaga riset, namun sekarang lebih bervariasi yakni dari kalangan umum serta siswa sekolah,” tambah Purwanto.

Adanya kenaikan jumlah pengunjung ke KHDTK Tumbang Nusa, diharapkan membawa efek yang lebih luas. Bukan hanya jumlah pengunjung yang meningkat, namun meningkatnya pengunjung ini diharapakan juga meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian lahan rawa gambut , terutama di KHDTK Tumbang Nusa. Secara jangka panjang, pengelola KHDTK Tumbang Nusa juga berharap meningkatnya kunjungan ke KHDTK Tumbang Nusa juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar KHDTK Tumbang Nusa. ***(saf)

Written by :