Mengawali tahun 2017 Balai Litbang LHK Banjarbaru selain meneruskan kerjasama yang masih berlangsung juga menyusun rencana kerjasama dengan instansi atau mitra kerja yang lain. Pada tanggal 16 Januari 2017 telah dilakukan diskusi awal antara Kepala Balai BP2LHK Banjarbaru Ir Tjuk Sasmito Hadi, MSc dengan Kepala BPDAS Barito Banjarbaru yang diwakili oleh Giri Suryanta, S.Si, MSc Kepala Seksi Evaluasi BPDASHL Barito, mengenai rencana kerjasama tersebut.

Dalam kunjungannya ke kantor BP2LHK Banjarbaru, Giri menyampaikan rencana kegiatan dari BPDASHL Barito, yaitu pembangunan dan pengembangan persemaian permanen, pembangunan dan pengembangan sumber benih dan sumber daya genetik serta kegiatan kultur jaringan untuk jenis tanaman tertentu. “Kami sangat mengharapkan kerjasama dari BP2LHK Banjarbaru, sebagai UPT dari Badan Litbang dan Inovasi dalam tiga kegiatan tersebut”, ungkap Giri.

Untuk persemaian permanen kami akan membangun di 3 kab/kota yaitu di Kotabaru, Kandangan dan Banjarbaru. Untuk di Banjarbaru lokasinya adalah di persemaian ex ATA 267, yang sebelumnya pengelolaannya ditangani oleh BP2LHK Banjarbaru, jelas Giri.

“Kami akan menerima tawaran kerjasama tersebut, dan akan kami siapkan SDM terkait, terutama peneliti dan teknisi yang ahli pada tiga bidang tersebut”, jawab Tjuk. “Yang terpenting untuk kita siapkan segera adalah susunan draft Perjanjian Kerjasama dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh ke dua belah pihak”, jelas Tjuk.

Dalam proses penyusunan draft perjanjian kerjasama ini, tim dari Seksi Data Informasi dan Kerjasama (DIK) yang menggawangi kegiatan kerjasama balai, langsung berkoordinasi dengan Giri Suryanta di Kantor BPDASHL Barito pada hari Senin tanggal 30 Januari 2017. Saya dan Tim akan memperbaiki Perjanjian kerjasama yang telah Bapak Giri ajukan, kata Lilis Kurniati, Kepala Seksi DIK BP2LHK Banjarbaru. Draft yang disusun akan dikirimkan ke Sekretariat Badan Litbang dan Inovasi untuk mendapat arahan lebih lanjut. Lebih lanjut Pak Giri mengatakan bahwa penandatangan perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat dilakukan bulan Maret 2017.

Selain kerjasama dengan BPDASHL Barito yang baru diawali di tahun 2017 ini, BP2LHK Banjarbaru pada tahun 2016, telah melakukan kegiatan kerjasama dengan beberapa mitra kerja antara lain : Balai Pendidikan dan Pelatihan Samarinda, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Konsorsium Pusat Unggulan Pengelolaan Hutan Tropis Berkelanjutan (PU – PHTB), Fakultas Kehutanan ULM , Baristan, BPHP Wilayah IX Kalimantan Selatan, BPDAS Kahayan Kalteng dan Kebun Raya Banua Propinsi Kalimantan Selatan.

Penggalangan kerjasama teknik dengan pihak luar kedepannya perlu ditingkatkan karena dapat memperkuat institusi BP2LHK Banjarbaru dalam hal peningkatan kualitas peneliti, dan fasilitasi kegiatan penelitian. Melalui kerjasama akan terjadi alih pengetahuan, alih informasi dan alih teknologi secara efektif dan meningkatkan kinerja institusi.

 

Written by :