BP2LHK Banjarbaru, 03/02/2017. Revolusi hijau, menanam, menanam, dan menanam untuk anak cucu kita, demikian tema dari kegiatan pencanangan penanaman pohon serentak Se Kalimantan Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan pada hari Jumat 3 Februari 2017. Sebagian besar karyawan Balai Litbang LHK Banjarbaru dan UPT lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ikut serta dalam kegiatan tersebut, yang dicanangkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H.Sahbirin Noor. Turut serta di barisan undangan Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru Ir.Tjuk Sasmito Hadi, MSc beserta kepala SKPD baik UPT KLHK dan lingkup Dinas Provinsi Kalsel.

Kegiatan ini menarik, karena memanfaatkan musim hujan di Kalimantan untuk melakukan penanaman. Dalam laporannya Kepala Dinas Kehutanan menyampaikan “kegiatan penanaman ini kita laksanakan setiap jumat selama musim hujan ini, dari total 8 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) di Kalsel rata-rata menanam 5.000 batang per minggu, hingga pada bulan April tertanam 80.000 batang setara dengan 80 Ha, jelas Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP.

“Kita menargetkan revolusi hijau diluasan lahan sekitar 59 ribu hektar, baik di wilayah hutan tanaman industri (hti), hutan lindung/kphl, kphp/hutan produksi, hutan diluar kawasan yang dikelola dinas kehutanan maupun kawasan hutan lainnya”, ujar Sahbirin dalam sambutannya.

Salah satu upaya mencapai target tersebut, sebelumnya pada tanggal 23 november 2016, telah dilaksanakan penandatanganan mou antara kapolda kalimantan selatan, danrem 101 antasari, danlanal, lanud syamsuddin noor, kepala dinas kehutanan provinsi kalimantan selatan dan kepala dinas pendidikan kalimantan selatan.

Aksi penanaman pohon yang kita laksanakan, kiranya tidak sekedar mencapai target kuantitas, tetapi harus mampu menggerakkan dan merubah perilaku masyarakat, dengan penuh kesadaran untuk turut berperan serta dalam kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon. Saya berharap, target itu bisa tercapai dengan baik, sehingga membawa perubahan yang nyata dengan berkurangnya lahan kritis di provinsi kalimantan selatan serta membuat lingkungan kita menjadi hijau, pungkas Sahbirin.

Acara ini diakhiri dengan penanaman pohon oleh Gubernur Provinsi Kalsel di halaman Dinas Kehutanan Kalsel. Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat semakin cinta lingkungan, selanjutnya setelah menanam pohon, masyarakat juga sadar untuk memeliharanya untuk warisan anak cucu kita.

=FZH=

Written by :