BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 24 Maret 2017). Dalam rangka memperingati Hari Hutan Internasional tanggal 21 Maret 2017, BP2LHK Banjarbaru melaksanakan kegiatan penanaman pohon di areal Arboretum pada hari Jumat, tanggal 24 Maret 2017. “Saya mencanangkan untuk 1 orang pegawai wajib menanam 5 pohon”, kata Ir. Tjuk Sasmito Hadi, MSc Kepala BP2LHK Banjarbaru.

“5 pohon tersebut akan ditanam di 5 tempat, di arboretum BP2LHK Banjarbaru, KHDTK Rantau, KHDTK Kintap, KHDTK Riam Kiwa dan KHDTK Tumbang Nusa”, jelas Tjuk dalam arahannya sebelum kegiatan penanaman dilaksanakan.

Kegiatan penanaman ini diikuti oleh pegawai BP2LHK Banjarbaru. Masing-masing menanam 1 pohon, diberi nama jenisnya dan si penanam. Harapannya setiap pegawai dapat memelihara tanamannya masing-masing.

Jenis tanaman yang ditanam adalah tanaman buah, diantaranya Kapul,Rambutan hutan,Kasai/Matoa, Lepisanthes amoena, Limpasu, Binjai dan Landur. Total pohon yang ditanam sebanyak 30 tanaman, kata Syaifuddin,S.Hut ,Pengelola arboretum BP2LHK Banjarbaru.

Saya pilih tanaman Rambutan, harapannya nanti bisa menikmati buahnya, kata Agus Fitriyanto, Staf Seksi Data Informasi dan Kerjasama.

Lokasi penanaman dilakukan di lahan arboretum yang ada tanaman Jati diatasnya. Kondisi tanaman Jati tersebut kurang baik pertumbuhannya, sehingga kedepan bila tanaman buah sudah tumbuh besar, tanaman Jati akan ditebang, jelas Syaifuddin.

Lanjutan dari kegiatan ini, yang terpenting adalah pemeliharaannya. Dengan masing-masing pegawai menuliskan namanya di pohon yang ditanam, kegiatan pemeliharaan akan lebih mudah. Jadi masing-masing pegawai mengadopsi pohon, mereka sendiri yang memelihara dan menjaga pohon tersebut sampai besar.

Written by :