BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 21/07/2017). Dalam rangka koordinasi dan sosialisasi kegiatan khususnya Repeat (inisiatif untuk merehabilitasi hutan rawa gambut setelah kebakaran dengan penanaman pohon secara sukarela) di KHDTK Tumbang Nusa, Pulang Pisau, Tim BP2LHK Banjarbaru melakukan audiensi dengan Bupati Pulang Pisau, Bapak H. Edy Pratowo, S.Sos, MM., tanggal 17 Juli, karena KHDTK Tumbang Nusa masuk dalam Wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng.

Dalam kunjungan ini Tim dari BP2LHK Banjarbaru yang dipimpin oleh Bp.Ir. Tjuk Sasmito Hadi, MSc, Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru, ditemui dan diskusi langsung dengan Bapak Bupati Pulang Pisau yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Bapak Wartony) di Kantor Kabupaten Pulang Pisau.

Bapak Kepala BP2LHK Banjarbaru menjelaskan mengenai kegiatan yang telah dilakukan di KHDTK Tumbang Nusa, dan rencana kegiatan kerjasama dengan BRG. Kami bermaksud merangkul siswa didik tingkat SD, SMP maupun SMA di Pulang Pisau untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Repeat yang dilakukan di KHDTK Tumbang Nusa, jelas Purwanto Budi Santosa peneliti BP2LHK Banjarbaru. Kegiatan ini untuk menumbuhkan peserta didik peduli terhadap lingkungan khususnya lahan gambut. Kegiatan ini telah dirintis dengan mengajak SMP Negeri 2 di Tumbang Nusa untuk melakukan kegiatan penanaman secara sukarela di lahan gambut. Diharapkan nantinya akan terbentuk sekolah-sekolah dengan muatan lokal peduli lingkungan khususnya lahan gambut . Selain anak sekolah sudah beberapa mahasiswa dan kelompok masyarakat yang terlibat dalam kegiatan Repeat ini.

Kami akan mengenalkan kepada anak didik tentang lahan gambut. Ke depannya kami ingin terbentuk sekolah yang mempunyai ciri khas misalnya mempunyai pengetahuan tentang rawa gambut, tambah Tjuk S. Hadi.

Saya menyambut baik kegiatan yang telah dan akan dilakukan BP2LHK Banjarbaru. Untuk persiapan dan pelaksanaannya supaya berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pulang Pisau, ujar Bapak Bupati.

Bapak Wartony Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pulang Pisau sangat antusias menyambut ajakan kegiatan ini karena sesuai dengan program yang akan dilaksanakan di instansinya. Dinas LH sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk melaksanakan Program Adiwiyata di sekolah-sekolah. Saat ini telah dirintis 5 sekolah Adiwiyata di Pulang Pisau (SMA I Kahayan Tengah, SMA I Kahayan Hilir, SMP II Mintin, SMK I Kahayan Hilir dan SD ….) yang melakukan program Adiwiyata yakni sekolah peduli terhadap lingkungan. Dinas LH bekerja sama dengan Dinas Pendidikan telah membuat kurikulum tentang lingkungan. Diharapkan Litbang sebagai narasumber dan memperbanyak praktek di lapangan untuk kegiatan ini.

Dari hasil diskusi dan kunjungan ini diharapkan akan terjalin kerjasama antara BP2LHK Banjarbaru dengan Dinas Lingkungan Hidup Pulang Pisau untuk mendukung masyarakat khususnya siswa-siswa didik dalam kepeduliannya terhadap rawa gambut.

 

Written by :