Penyuluh Kehutanan Kalsel Belajar Teknik Pembibitan Stek Pucuk di BP2LHK Banjarbaru

Komentar Dinonaktifkan pada Penyuluh Kehutanan Kalsel Belajar Teknik Pembibitan Stek Pucuk di BP2LHK Banjarbaru 2

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 06/10/2017). Sebanyak tiga puluh penyuluh kehutanan Kalimantan Selatan yang berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Penyuluh Kehutanan (Angkatan II) tahun 2017 pada hari Kamis, 05 Oktober 2017 melaksanakan kunjungan ke Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru. Kunjungan ini merupakan Field Trip dari kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Penyuluh Kehutanan tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk menambah wawasan peserta pelatihan, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru yang diwakili oleh Rusmana S. Hut menyampaikan materi Tekologi dan Inovasi di bidang Kehutanan dalam pelatihan tersebut.

Teknologi dan Inovasi yang disampaikan terkait pembuatan stek pucuk dan persemaian sistem Komatsu-FORDA Fog Cooling System (KOFFCO). Maka kunjungan ke BP2LHK Banjarbaru sekaligus mempraktekkan materi yang sudah disampaikan. Rusmana, S.Hut Peneliti Muda BP2LHK Banjarbaru, menjadi narasumber utama dalam kegiatan praktek ini. Selain itu, Syaifuddin, S.Hut Peneliti Pertama BP2LHK Banjarbaru serta Budi Hermawan Teknisi Litkayasa Penyelia BP2LHK Banjarbaru juga turut mendampingi dan mengarahkan para peserta pelatihan .

Para penyuluh diajak langsung praktik untuk membuat stek pucuk. Pada kesempatan ini, tiap
peserta membuat dua stek pucuk dari tanaman Mersawa (Anisoptera marginata) yang merupakan
pohon yang masuk dalam kelompok famili Dipterocarpaceae.

Pembuatan stek pucuk system KOFFCO ini merupakan teknologi pengakaran stek yang dikembangkan oleh Badan Litbang dan Inovasi bekerja sama dengan Research Centre Komatsu Ltd, jelas Rusmana.

“Saya berharap, penyuluh dapat mempraktikkan apa yang telah dipelajari di sini dan dapat menyebarluaskan ilmu ini langsung kepada masyarakat,” ujar Rusmana, S.Hut diakhir kegiatan

Selain praktik pembuatan stek, seluruh peserta juga diajak untuk melihat anggrek yang menjadi koleksi persemaian BP2LHK Banjarbaru. Hingga saat ini terdapat kurang lebih 50 jenis anggrek asli Kalimantan Selatan Dan Kalimantan Tengah yang ada di rumah kaca.

Acara yang diselenggarakan selama 3-5 Oktober ini ditujukan untuk meningkatkan SDM Penyuluh Kehutananan dan penyamaan persepsi mengenai kebijakan-kebijakan Dinas Kehutanan, serta memperjelas peran dan posisi penyuluh kehutanan dalam kegiatan-kegiatan kehutanan terutama yang berhubungan dengan masyarakat langsung.

admin

Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.

View all contributions by admin

Website: http://foreibanjarbaru.or.id