Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Banjarbaru telah berkesempatan memberikan materi pada pelaksanaan pelatihan manajemen kebakaran hutan lingkup Balai Taman Nasional dan SKPD wilayah Heart of Borneo sebagai salah satu program pada kegiatan proyek ADB TA 8331 INO : Sustainable Forest and Biodiversity Management in Borneo. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 September 2017 bertempat di Hotel Aston Balikapapan, peserta pelatihan berasal dari perwakilan Taman Nasional Kayan Mentarang, Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum, Dishut Prop. Kalteng, Dihut Prop. Kalbar, KPH Kapuas (Kalimantan Tengah) dan Kab. Kapuas Hulu (Kalimantan Barat) dengan jumlah peserta 20 orang.

Proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam pelatihan ini berupa pembelajaran didalam kelas (teori) disertai diskusi serta proses pembelajaran dilapangan berupa praktek penggunaan peralatan tangan dan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan.

Sebelum kegiatan pembelajaran dilakukanlah pre test untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta pelatihan tentang kebakaran hutan dan lahan, dan tak lupa Post test setelah proses pelatihan selesai dilaksanakan sebagai evaluasi bagi tim pengajar.

Pada kesempatan ini materi yang disampaikan antara lain bertema : Kebijakan Pemerintah dalam Pengendalian kebakaran hutan dan lahan, pengelolaan Kebakaran Hutan Dan Lahan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan tanaman beresiko kecil kebakaran, taktik dan teknik pemadaman kebakaran hutan dan lahan, evaluasi kejadian kebakaran serta pratek pengenalan dan penggunaan peralatan tangan dan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan. Pemateri yang pada kesempatan ini mewakili BP2LHK Banjarbaru yaitu Dr. Acep Akbar (Peneliti) dan Eko Priyanto,S.Hut (Teknisi Litkayasa).

Selain itu pada kesempatan lain Peneliti dan Teknisi BP2LHK Banjarbaru juga diminta kesediaannya sebagai tenaga fasilitator pada kegiatan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang diadakan PT. Buana Karya Bhakti (BKB), PT. BKB adalah suatu perusahan perkebunan kelapa sawit.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembentukan dan peningkatan kemampuan regu pemadam kebakaran di PT.BKB, selain diikuti oleh regu pemadam internal di PT.BKB kegiatan ini juga diikuti oleh regu MPA (Masyarakat Peduli Api) yang berasal dari masyarakat sekitar lokasi kebun PT.BKB. Jumlah peserta dalam pelatihan ini sejumlah 75 orang.

Proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam pelatihan ini berupa pembelajaran didalam kelas (teori) disertai diskusi serta proses pembelajaran dilapangan berupa praktek penggunaan peralatan tangan dan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan serta simulasi pemadaman dengan teknik estafet.

Pelaksanaan pelatihan ini bertempat di Base Camp PT.BKB di Kec. Satui Kab. Tanah Bumbu Prop. Kalimantan Selatan selama 2 hari pelaksanaan dari tanggal 4-5 Okober 2017. Adapun pemateri yang berasal dari BP2LHK Banjarbaru yaitu Dr.Acep Akbar (peneliti), Isa Anwar (teknisi), Junaidi (mekanik) dan Eko Priyanto,S.Hut (teknisi).

Written by :