11.000 BIBIT DITANAM, 11 HA DIREHABILITASI OLEH 550 RELAWAN MELALUI REPEAT KHDTK TUMBANG NUSA

Komentar Dinonaktifkan pada 11.000 BIBIT DITANAM, 11 HA DIREHABILITASI OLEH 550 RELAWAN MELALUI REPEAT KHDTK TUMBANG NUSA 4

BP2LHK Bjb (24/10/17). Mulai februari 2016 Sampai Oktober 2017 ini jumlah bibit yang ditanam sebanyak 11.000 meliputi 11 Ha lahan gambut di KHDTK Tumbang Nusa dengan jumlah relawan mencapai 550 orang, ungkap Purwanto Budi Santosa , Peneliti dan pengelola KHDTK Tumbang Nusa. Rehabilitation of Peatland (RePeat) ke 13 pada tanggal 17 Oktober ini sekaligus sebagai kunjungan lapangan peserta FGD Litbang Restorasi Gambut Badan Litbang Inovasi (BLI) KLHK bekerjasama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG).

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala BP2LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmito Hadi, MSc. “KHDTK Tumbang Nusa yang luasnya 5000 Ha, pada tahun 2015 hampir 50 % terbakar, karenanya harus segera di rehabilitasi. Kegiatan RePeat ini dapat menjadi amal jariyah bagi kita, karena pohon yang kita tanam, bila tumbuh akan mengeluarkan oksigen yang penting untuk kehidupan. Nah, walaupun kita sudah meninggal dunia, amal tersebut terus mengalir”, pungkas Tjuk.

Di daulat untuk membuka secara resmi RePeat, Dr. Dwi Sudharto, Kepala Pusat Litbang Hasil Hutan. Dalam sambutannya Dwi menekankan lagi bahwa ada nilai ibadah dari aktivitas menanam. Jadi anak-anak yang dekat dengan lokasi harus semangat menanam, jangan kalah sama Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang sudah datang jauh-jauh” , jelas Dwi dihadapan siswa SMP 1 Jabiren Raya yang turut serta ngeRePeat bersama rombongan FGD.

Sebagai bentuk apresiasi kepada siswa-siswa yang hadir, panitia menyediakan 7 hadiah menarik bagi siswa-siswi yang bisa menjawab pertanyaan. Pertanyaan diberikan langsung oleh Dr. Dwi Sudarto, Prof Chairil Anwar Siregar, Ir. Tabroni Kepala BP2LHK Palembang, Ir. Sukmo Kepala BPDAS Kahayan.

Tak lupa panitia juga memberikan sertifikat kepada semua siswa-siswi yang telah “NgeRepeat” dan diserahkan secara simbolis oleh Dr. Dwi Sudarto. Semoga dengan sertifikat tersebut, para siswa berkomitmen untuk memelihara tanaman yang sudah mereka tanam.

Rombongan FGD bersama Kapus Hasil Hutan, Dr. Dwi Sudharto, antara lain Prof Chairil Anwar Siregar, Kabalai Litbang LHK Banjarbaru, Kabalai Litbang Palembang,Kabalai Litbang Tanaman Serat Kuok, para Kabag Pusat Litbang BLI, Kabalai Rawa Banjarmasin, peneliti Balai Tanaman Rawa (Balitra), Kepala BPDAS HL Kahayan ,peneliti gambut BLI, tim ahli BRG dan teknisi litkayasa.

Setelah melakukan penanaman, acara dilanjutkan dengan penandatangan soft opening Taman Info Jelutung oleh Kabalai Litbang Banjarbaru, Ir Tjuk Sasmito Hadi, MSc di KHDTK Tumbang Nusa. Para peserta diajak melihat kondisi tegakan suksesi alam, dan menuliskan kesannya di kertas kanvas dan dijadikan bukti kunjungannya di KHDTK Tumbang Nusa.

Akhir perjalanan peserta FGD di lapangan dengan mengunjungi dan sekaligus berdiskusi dengan petani
agroforestri binaan Balai Litbang LHK Banjarbaru, Bapak Tamanuruddin . Diskusi hangat antara Profesor Chairil Anwar Siregar dan Pak Tamanuruddin terkait penyiapan lahan tanpa bakar, sangat menarik dan menyegarkan para peserta yang sudah lelah melakukan kunjungan lapangan di KHDTK Tumbang Nusa.

admin

Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.

View all contributions by admin

Website: http://foreibanjarbaru.or.id