BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 07/52018). Bertempat di daerah perbukitan Kiram Park,Desa Kiram, Kec. Karamg intan, Kab. Banjar Kalimantan Selatan telah berlangsung selama 3 hari kegiatan” Jambore Masyarakat Gambut 2018” yang dibuka oleh Sekretaris Jendral KLHK, Bambang Hendroyono pada Hari Sabtu, 28 April 2018.  Atas nama Menteri KLHK  kami memberikan apresiasi Jambore Masyarakat Gambut karena kegiatan ini menjadi sarana untuk berbagi informasi dan pengalaman, kata Bambang dalam sambutannya. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan Kepala BRG, Nazir Foead.

Jambore ini diramaikan dengan adanya pameran yang menyajikan stand-stand berisi hasil kegiatan litbang di lahan gambut maupun produk-produk kerajinan gambut. Menempati salah satu stand pameran BP2LHK Banjarbaru dan mitra turut serta menampilkan publikasi hasil  litbang terkait gambut dan produk mitra gambut berupa madu dan olahan kelakai.

Terbitan publikasi BP2LHK Banjarbaru yang dipamerkan antara lain : majalah populer “Bekantan”, publikasi semi populer “Galam”, Buku: Agroforestry Berbasis Jelutung Rawa, Budidaya Shorea balangera di Lahan Gambut, Pengembangan Jelutung Rawa di Lahan Gambut. Dan publikasi terbaru hasil kerjasama BP2LHK Banjarbaru dengan BRG yakni Restorasi Gambut di Tumbang Nusa, Buku Panduan Lapang Avi Fauna dan Fauna Penyebar Benih di KHDTK Tumbang Nusa dan booklet Komoditas Unggulan Paludikultur.

Banyak pengunjung yang tertarik pada publikasi hasil penelitian BP2LHK Banjarbaru. Buku Panduan Lapang Avi Fauna dan Fauna Penyebar Benih di KHDTK Tumbang Nusa dan booklet Komoditas Unggulan Paludikultur merupakan publikasi yang paling diminati pengunjung, ujar  Lilis Kurniati yang turut menjaga stand Mitra Litbang LHK Banjarbaru. Karena buku tersebut disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami dengan gambar-gambar yang menarik, imbuh Lilis Kurniati.

Selain pameran, peneliti BP2LHK Banjarbaru Marinus Kristiadi Harun, S.Hut.,MSi turut serta berbagi pengalaman dalam mengelola gambut  dengan peserta jambore di Tenda Berbagi dengan topik  Pupuk Organik dan Rekayasa Lahan.

Gelaran Jambore Masyarakat Gambut 2018 memang telah berakhir namun diharapkan para peserta dan pengunjung umumnya dan masyarakat gambut khususnya yang telah hadir di acara tersebut memperoleh tambahan pengetahuan dan penguatan jejaring kerja dalam mengelola lahan gambut.

 

 

Written by :