BP2LHKBJB (Banjarbaru,22/10/18)_Berpartisipasi pada Pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38  di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan,Banjarbaru., 18 – 21 Oktober 2018. Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK)Banjarbaru tergabung dalam stand pameran Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) KLHK. Pada pameran  yang dibuka oleh Menteri Pertanian, Dr. Ir. Amran Sulaiman, mengangkat tema “Optimalisasi Pemanfatan Lahan Rawa Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”. Sesuai tema diatas BP2LHK Banjarbaru menampilkan  hasil olahan teh gemor , poster terkait tumbuhan berkhasiat obat di KHDTK Rantau, publikasi hasil penelitian terkait agroforestry dan pemanfaatan lahan rawa gambut dalam bentuk paludikultur serta publikasi lainnya.

Teh Gemor adalah salah satu hasil litbang yang dihasilkan oleh BP2LHK Banjarbaru. Banyak dari pengunjung menanyakan lebih detail terkait khasiatnya sebagai produk herbal antidiabetes. Sebagai sample, kemasan isi 2 teh celup gemor menjadi rebutan pengunjung stand BP2SDMA dan BP2LHK Banjarbaru.

Beberapa pengunjung juga tertarik melihat poster Tumbuhan Berkhasiat Obat di KHDTK Rantau. Sambil memperhatikan bentuk daun dan penampakan tumbuhan tersebut dan khasiatnya yang memang sudah pernah mereka buktikan sendiri, kata salah satu pengunjung dari Balitbangda Kalsel.  Tak lupa pengunjung yang beruntung di hari pertama dan kedua pameran langsung bisa membawa pulang buku Tumbuhan Berkhasiat Obat di KHDTK Rantau.

Sesuai dengan tema HPS diatas, yaitu terkait pemanfaatan lahan rawa, beberapa pengunjung juga tertarik dengan publikasi  Buku Agroforestry Berbasis Jelutung Rawa, Solusi Sosial, Ekonomi dan Lingkungan Pengelolaan Lahan Gambut, karya dari Peneliti Muda BP2LHK Banjarbaru, Marinus K Harun, S.Hut, MSi.

Selain itu Buku Komoditas Unggulan Paludikultur, juga habis diserbu pengunjung pameran yang sebagian besar adalah penyuluh dan praktisi pertanian dari seluruh Indonesia.

Tidak hanya pengunjung dewasa, anak-anak Sekolah Dasar dan Menengah juga ramai memadati stand BP2SDM – BP2LHK Banjarbaru yang bertemakan Hutan untuk Rakyat. Ir. Naomi Dongiran, MP , Kepala Bagian Informasi Publikasi dan Evaluasi BP2SDM bercerita tentang hutan dan hal-hal apa saja yang dapat merusak hutan. Tak lupa diakhir ceritanya Naomi  membagikan souvenir berupa tumbler, notebook, pulpen  dll, dengan syarat anak-anak harus bisa menjawab pertanyaan darinya.

Sebagi informasi pameran HPS kali ini diikuti oleh 178 Intansi Kementerian Pertanian baik pusat, daerah, dan UPT; Kementerian Kelautan dan Perikanan; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Badan P2sdM, Ditjen PSKAL, BLI) serta Intansi terkait lainnya seperti FAO, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bulog, Pemprov, Pemkab/kota , Asuransi Jasindo dan lainnya. Penyelenggaraan pameran dimaksudkan sebagai wahana promosi produk-produk unggulan hasil olahan pertanian serta jejaring bagi pelaku usaha***FZH

Written by :