Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kinerja pegawai, BP2LHK Banjarbaru mengadakan penyegaran pegawai dan acara penanaman di KHDTK Kintap.  Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, dimulai dari tanggal  1 hingga 2 November 2018, mengusung tagline “Bersama Kita Bisa”. Pengusungan tagline dimaksudkan untuk memotivasi seluruh pegawai agar segera bersama-sama memacu kinerjanya lebih semangat guna mencapai serapan anggaran yang telah ditargetkan, mengingat saat ini sudah berada di penghujung tahun.

Kegiatan diikuti oleh sebagian besar pegawai BP2LHK Banjarbaru dengan jumlah 56 orang peserta. Peserta terdiri dari segenap jajaran struktural, fungsional peneliti dan teknisi, dan fungsional umum. Acara dibuka oleh Kepala Balai BP2LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmitohadi, MSc  di kantor sesaat menjelang keberangkatan rombongan dari Banjarbaru menuju Base Camp KHDTK Kintap, Desa Riam Adungan, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut. “

Di lokasi acara, kegiatan diisi dengan pembinaan pegawai, rapat bulanan progres realisasi kegiatan, dan diskusi.  “ Saya harapkan seluruh pegawai agar segera mempercepat pelaksanaan kegiatan yang telah dijadwalkan agar serapan anggaran bisa dicapai sesuai target “ ujar Tjuk menghimbau seluruh pegawai. Pada kesempatan ini pula, Tjuk mengapresiasi kekompakan dan hasil kerja tim konsumsi dan tim multimedia yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini. Tjuk pun menegaskan bahwa acara rapat seperti ini (diadakan di luar kantor) akan diagendakan kembali di tahun depan di tempat yang berbeda.

Keesokan harinya acara dilanjutkan dengan penanaman di areal KHDTK Kintap. Turut serta dalam acara ini  Parmadi, Kepala Desa Riam Adungan. Acara penanaman dimulai dengan kegiatan menyusuri hutan di areal KHDTK Kintap sejauh ± 3 km menuju areal penanaman. Pada sesi ini seluruh peserta diajak oleh Tjuk dan para peneliti senior untuk kilas balik atau mengenang kegiatan penelitian yang telah dilakukan beberapa puluh tahun yang lalu. Penelitian tersebut diantaranya penelitian silvikultur dan pengelolaan hutan tanaman meranti, plot tebang rumpang, plot tanaman ulin, dan plot penelitian dan uji coba jenis Dipterocarpa (tengkawang).

Pada acara ini ditanam ± 300 bibit berbagai tanaman buah seperti durian, mangga, jeruk, rambutan, kedondong, kakao, dan lain-lain. Areal penanaman berada di pinggir areal KHDTK Kintap, di tepi jalan utama Desa Riam Adungan, dan tidak jauh dari Base Camp. Harapannya ketika tanaman ini telah berbuah, para pegawai dan tamu yang singgah di Base Camp KHDTK Kintap bisa memetik buah untuk dicicipi dengan lebih mudah.

Pada akhir acara, diserahkan donasi yang dikumpulkan dari seluruh pegawai kepada Kepala Desa Riam Adungan untuk disumbangkan ke Masjid Riam Adungan yang saat ini sedang direnovasi. Selain mampu merefresh aktivitas pekerjaan di lingkungan kantor, kebersamaan ini diharapkan mampu meningkatkan rasa kekeluargaan antara pegawai sehingga pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan kinerja. *DA

Written by :