Balai Litbang LHK Banjarbaru (13/11/2018). Bupati Pulang Pisau, Ir. Edy Prawoto, MM memimpin kegiatan RePeat, 6/11/18.(Rehablitiation of Peatland) di KHDTK Tumbang Nusa, Kalimantan Tengah. RePeat  kali ini dilaksankan oleh PT. Pembangkit Jawa Bali  Unit Bisnis dan Jasa Maintanance (PT. PJB UBJOM) Pulang Pisau.  “Saya dari Pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas kepedulian dan kerjasamanya yang dilakukan oleh perusahaan pada penanaman pohon-pohon lahan gambut bekas terbakar di wilayah Pulang Pisau ini. Hal ini sebagai upaya juga agar lahan gambut agar tetap hijau dan terjaga dari kebakaran.” Demikian disampaikan Bupati pada saat menyampaikan sambutan pada kegiatan RePeat tersebut.

 

Sebagaimana diketahui, RePeat adalah penanaman kembali lahan gambut bekas terbakar di KHDTK Tumbang Nusa. Dalam rangka peringatan ulang tahun PT PJB yang ke 23 dan peringatan Hari Listrik Nasional.

“PT. PJB UBJOM Pulang Pisau menerapkan manajemen mutu K3 dan lingkungan hidup sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan. Pelaksanaan penghijauan bukan hanya dilaksanakan di lingkungan eksternal akan tetapi dilakukan juga dilingkungan internal. Oleh karena itu kami lakukan kegiatan penghijauan di KHDTK Tumbang Nusa. Penanaman yang kami lakukan adalah seluas 2 Hektar dengan 2300 bibit tanaman Balangeran.” Demikian disampaikan Kurniawan Dwi Hananto, General Manager PT. PJB UBJOM Pulang Pisau.

 

RePeat ini dihadiri oleh pada pejabat lingkup Kabupaten Pulang Pisau, Kepala SKPD, Koramil 1011, Polres Pulang Pisau, Asisten Bupati, Camat Jabiren Raya, Kepala Desa, guru dan murid SMAN 1 Kahayan Hilir, SMK 1 Kahayan Hilir, SMA PGRI 1 Pulang Pisau dll.

 

Purwanto, pengelola KHDTK Tumbang Nusa yang mewakili Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru dalam sambutannya menyampaikan kegiatan  RePeat. “ Kami melaksanakan RePeat sejak awal 2016. Sejak areal ini terbakar tahun 2015, kami lakukan penanaman dengan cara mengajak semua pihak untuk menjadi relawan berpatisipasi menanam kembali. Dengan harapan, jiwa kerelawanan ini akan membangkitkan kepedulian bersama untuk peduli , menjaga dan memperbaiki kerusakan lahan gambut.

Saat ini luas areal RePeat sudah mencapai 18 Hektar dengan jumlah relawan 1368 orang yang berpartisipasi dan 95 organisasi. Kegiatan rehabilitasi lahan gambut bekas terbakar ini juga  mendapat dukungan dari kerjasama dengan BPDAS HL Kahayan yang akan merehabilitasi dalam kegiatan RHL dan Rehab DAS seluas 1600 Hekter dalam 5 tahun kedepan”

 

Sementara itu Bupati Pulang Pisau juga menambahkan pentingnya areal hutan yang terpulihkan kembali  karena direhabilitasi. “ Jika nanti kedepan di areal ini sudah tumbuh pohon-pohon yang besar, areal ini luar biasa untuk dapat dimanfaatkan sebagai tempat kunjungan ekowisata. Karena sekarang, mindset orang tidak hanya berkunjung ke kota saja melainkan menyukai juga melihat alam (back to nature),” tambah Edy Prawoto saat ditemui di lokasi tanam.   (FZH)

Written by :