BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 15/02/2019). Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup  Banjarbaru telah menerbitkan majalah bekantan Vol.6/No.1/2018 dengan tema “Saatnya Perhutanan Sosial”.  Untuk mendukung tema di atas, pada rubrik fokus Prof (Ris). Dr. Acep Akbar, S. Hut, M.P membahas Optimalisasi Teknologi Untuk Perhutanan Sosial serta Nor Ifansyah dari BPSKL Kalimantan yang menulis Program Perhutanan Sosial di Kalimantan. Tak hanya disitu saja, guna meningkatkan pemahaman pembaca terkait perhutanan sosial, dibahas Persepsi “Mereka” tentang perhutanan sosial yang mengupas perhutanan sosial di mata petani dan peneliti.

Agar bahasan terkait perhutanan sosial makin lengkap, pada edisi ini kami menyajikan artikel yakni mungkinkah perhutanan sosial di lahan gambut, perhutanan sosial bagi kesejahteraan masyarakat, dan catatan mengenai perhutanan sosial di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong serta produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) potensial untuk perhutanan sosial.

Pada rubrik lansekap, Iskandar pada majalah Bekantan edisi ini menyajikan informasi tentang potensi pemanfaatan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) di lingkup Litbang Kehutanan untuk perhutanan sosial, sehingga adanya KHDTK juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan.

Bapak Gazali Rahman menjadi tokoh yang diwawancarai pada rubrik profil oleh redaksi pada edisi ini. Beliau merupakan  Ketua Kelompok Tani Hutan di Kabupaten Tanah Laut yang berjuang dalam menjalankan perhutanan sosial di wilayahnya.

Selanjutnya, Syaifuddin dkk dalam rubrik khusus menulis cerita ekspedisi tim Balai Litbang LHK Banjarbaru dalam melakukan eksplorasi pohon raksasa di Desa Mentuyan, Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

Sebagai penutup, tim redaksi menyajikan berita yang menarik seputar Balai Litbang LHK Banjarbaru antara lain aktivitas perayaan Idul Qurban yang mengganti tas kresek dengan tas purun, pemberian penghargaan kepada Kader Peduli Gambut Teladan, kunjungan siswa-siswi TK di kantor Balai Litbang LHK Banjarbaru, serta kerjasama koperasi dengan KHDTK.

Selamat Membaca.

Written by :