Balitbang LHK Banjarbaru (25/02/2019)_Dalam memotivasi dan refresh pegawai, guna meningkatkan kinerja pegawai, Balitbang LHK Banjarbaru mengadakan Outing dan RePeat (rehabilitation of peatland/ penanaman lahan gambut bekas terbakar secara sukarela)  di KHDTK Tumbang Nusa, Kalimantan Tengah, Kamis – Jumat (14-15 Februari 2019). Acara kebersamaan seluruh karyawan kantor ini sebelumnya telah dilakukan di KHDTK Kintap pada tahun lalu.

“Kegiatan keliling secara bergantian pada setiap KHDTK ini rencananya akan menjadi agenda Balai, jika tahun lalu kita melakukan rapat dan menanam buah-buahan  di KHDTK Kintap, maka saat ini kita melakukan Outing dan RePeat di KHDTK Tumbang Nusa”, kata Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmito Hadi, M.Sc dalam sambutannya.

“KHDTK Tumbang Nusa saat ini sudah memiliki sarana tambahan yang kita namakan CAMPPEAT (camping ground), sehingga kita dapat berkemah bersama di tengah hutan dan melakukan penanaman lahan gambut bekas terbakar (RePeat). Acara ini sekaligus untuk launching kegiatan penanaman lahan gambut bekas terbakar dalam kegiatan Rehab DAS seluas 200 Ha ,” ujar Tjuk lebih lanjut.

Untuk mempererat kebersamaan pegawai, dilakukan acara bakar sate kambing dan makan durian bersama, sharing pendapat  dan  permainan di arena CAMPPEAT.

“Dalam suasana outing di alam bebas ini kita dapat melakukan sharing dan curah pendapat terkait kegiatan kantor maupun yang lain untuk sama-sama meningkatkan prestasi dan kemajuan Balai. Diharapkan masukan dan pendapat kita semua untuk kemajuan Balai,” kata Tjuk Sasmito Hadi .

Terkait hal tersebut, beberapa pegawai memberikan curah pendapat, salah satunya terkait aturan baru yang dihadapi oleh peneliti. Kepala Balai , Ir Tjuk Sasmito Hadi menjelaskan, jika terdapat kendala dan hambatan dalam aturan baru dan masalah-masalah lain dalam menjalankan tugas dan fungsi kepegawaian langsung saja  datang menghadap, supaya bisa sama-sama kita clear kan permasalahannya dan cari solusinya.

Setelah menikmati makan malam, bermain dan bernyanyi bersama di CAMPPEAT, keesokan harinya dilakukan penanaman tanaman buah rambutan, oleh seluruh pegawai Balai Litbang LHK Banjarbaru serta penaburan ikan dan peresmian pondok kerja di lapangan.

“Hari ini kita tanam 1.500 tanaman rambutan dan ditabur 500 bibit ikan di kolam beje. Semoga di areal ini nanti tidak hanya jenis tanaman hutan saja, namun ketika ke lapangan terdapat buah yang bisa dinikmati dan ikan yang bisa menjadi lauk, sehingga gambut sebagai sumber kehidupan dapat kita rasakan disini,” kata Tjuk Sasmito Hadi ketika memulai acara di lapangan.  

Pengguntingan pita menandai peresmian pondok kerja atau camp yang berada di lokasi penanaman dilakukan oleh kepala Balai didampingi pejabat struktural dan karyawan Balai Litbang LHK Banjarbaru.  “Untuk nama pondok kerja atau camp yang ada di areal lokasi penanaman ini saya namakan DOME PEAT,”  kata Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru sambil menggunting pita.

Sebagaimana diketahui bahwa penanaman di areal  bekas terbakar  KHDTK Tumbang Nusa terus dilakukan, baik melalui kegiatan penanaman lahan bekas terbakar secara sukarela (RePeat), penanaman dalam rangka RHL (Rehabilitasi Hutan dan Lahan) dan Rehab DAS.  Diharapkan penanaman – penanaman ini dapat segera memulihkan kembali tutupan lahan dan vegetasi pasca kebakaran dan mengembalikan habitat flora dan fauna hutan rawa gambut. ***

Written by :