BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru 26/04/19). Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup (BP2LHK) Banjarbaru mendapat kunjungan dari sekretariat Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.  Melalui kesempatan ini, tim sekretariat PUI memberikan sosialisasi dan bimbingan pengajuan institusi penelitian untuk menjadi Pusat Unggulan IPTEK.

Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting terkait dengan rencana BP2LHK Banjarbaru untuk segera menjadi Pusat Unggulan IPTEK. Kegiatan yang dilakukan Selasa 23 April 2019 tersebut , dimulai pukul 11.00 hingga jam 14.00 WITA.

Acara ini dibuka oleh Kepala Balai BP2LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmito Hadi, M.Sc,  dengan menyampaikan profil balai serta sedikit pemaparan persiapan BP2LHK dalam mengajukan diri menjadi Pusat Unggulan IPTEK.

“Jika suatu Lembaga litbang menjadi PUI, maka akan mendapatkan anggaran insentif. Tak hanya itu, dengan terdaftarnya suatu institusi penelitian menjadi Pusat Unggulan IPTEK, maka branding Lembaga akan lebih baik dan Lembaga penelitian tersebut akan lebih fokus dalam kegiatan-kegiatan penelitian yang dilakukan,” papar Aswin Firmansyah, salah satu tim PUI yang juga menjabat sebagai Kasi LPNK.

Tak hanya memaparkan tentang hal-hal terkait keuntungan Lembaga yang menjadi Pusat Unggulan IPTEK,  Aswin jua menjelaskan terkait strategi untuk pengajuan PUI, dan teknis pengajuan PUI. Bahasan tentang teknis pengajuan PUI menjadi sesi yang paling menarik karena dipenuhi diskusi serta konsultasi pengisian borang serta proposal PUI.

Sebagai informasi, BP2LHK Banjarbaru berencana mengajukan diri menjadi PUI pada tahun 2019. dengan fokus penelitian pengelolaan ekosistem rawa gambut tropika. Untuk menjadi PUI, BP2LHK Banjarbaru sudah membentuk tim yang sudah bekerja sejak akhir tahun 2018 lalu.  Sebagai ketua tim ,  Kepala Seksi Program dan Evaluasi ,Winingtyas Wardani, S.Hut, MT, MSc terus memberikan arahan dengan melakukan rapat koordinasi dengan semua tim.

 Tim sukses PUI ini sudah melaksanakan beberapa kegiatan yakni pengumpulan berkas untuk borang serta pembuatan proposal. Adanya kunjungan ini tentu saja menjadi penyemangat tim agar pengajuan PUI dapat berjalan dengan efektif, efisien, serta dapat memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. (saf)***

Written by :