BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 16/09/2019) Jumat , 13 September 2019,  10 burung Perkutut Putih (Geopelia Striata) dilepas liarkan di  Areal Arboretum Guntung Payung Balai Litbang LHK Banjarbaru . Burung tersebut adalah hasil sitaan dari Balai Karantina  Pertanian Banjarmasin.

Isrokal dari Badan Karatina Pertanian (BKP) Banjarmasin  menjelaskan “burung-burung tersebut adalah hasil sitaan, karena pemiliknya tidak dapat menunjukkan izin kepemilikannya, jadi harus benar-benar dilengkapi izinnya bila akan melakukan lalu lintas antar wilayah”, jelasnya.

 “Pemilihan lokasi pelepasliaran ini, karena lingkungan arboretum Guntung Payung kami yakini dapat menjamin kelangsungan hidup burung-burung tersebut”, ujar  Suwandi, S,Hut, M.A , Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Konservasi Sumber Daya Alam  (BKSDA) Kalsel. “ Selain di arboretum ini, kami juga melepasliarkan di hutan Kodim 623 dan juga di Tahura Sultan Adam, lanjut Suwandi.

Hal tersebut sesuai dengan hasil pengamatan peneliti Balai Litbang LHK Banjarbaru, Beny Rahmanto, S.Hut , “ di arboretum ini perkutut sudah mulai berkembangbiak, dari hasil pengamatan saya ada 5 ekor burung perkutut di arboretum ini “, ungkap Beny.

Mengenai ketersediaan pakan untuk burung-burung tersebut. “ Arboretum yang luasnya 9.4 ha ini terdapat 52 jenis tanaman baik yang memang tumbuh alami maupun yang sengaja di tanam dan berasal dari daerah lain, total ada 242 pohon yang dapat menjadi sumber pakan dan tempat tinggal bagi burung-burng tersebut, jelas Syaifuddin, S,Hut , pengelola Arboretum Guntung Payung.

Mewakili Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru,Dra.  Lilis Kurniati menyambut baik Pelepas liaran burung perkutut di lingkungan arboretum. Kita berharap semoga burung-burung yang sudah dilepasliarkan tadi dapat beradaptasi dan hidup serta berkembangbiak dengan baik, ujar Lilis.

“Kami sangat berterimakasih, karena dengan kegiatan ini dapat menambah keanekaragaman fauna, dan juga dapat menjadi  sarana edukasi dan riset balai  serta menambah  materi  untuk  bahan kunjungan anak-anak TK/PAUD, Sekolah dasar dan menengah serta  perguruan tinggi “, pungkas Lilis diakhir sambutannya.

Dengan Pelepas liaran 10 Perkutut putih, kita berharap semoga Balai Litbang LHK Banjarbaru senantiasa memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga masyarakat sebagai instansi Litbang yang terdepan dalam memberikan edukasi terkait alam dan lingkungan.

Written by :