Waspadai Api di Hutan Sebelum Kemarau

Komentar Dinonaktifkan pada Waspadai Api di Hutan Sebelum Kemarau 44

KOTABARU – Meski sekarang musim hujan, ternyata Seksi Kebakaran Hutan dari Dinas Kehutanan Kotabaru terus saja bekerja. Rencananya, kalau sudah mendapat persetujuan dari Pemkab Kotabaru mereka akan mengadakan program Warga Sadar Api.

Kasi Kebakaran Dishut, Dani Prasetyo, Kamis kemarin menjelaskan program ini adalah membuat pos-pos api di setiap desa Kotabaru, dimana warga diminta siap siaga melaporkan kepada Dishut kalau ada titik api yang membahayakan hutan sekitar. Program ini lebih kepada kegiatan sukarela saja.

“Kami tidak menggaji warga, tapi kami minta kesediaan mereka untuk bersama-sama menjaga hutan dari kebakaran yang terjadi tiap tahun,” ujarnya. Akhir triwulan 2013 ini program tersebut kemungkinan sudah bisa dijalankan di masyarakat untuk proses awalnya. “Ya meski masih musim hujan, kan tidak lama sesudahnya akan masuk musim kemarau.

Akan lebih bagus kalau kita sudah siap sejak dini menghadapi semua kemungkinan yang akan terjadi. Karena kalau menunggu musim kemarau baru datang, maka semua akan terlambat,” tegasnya. Seperti diketahui, selama ini di Kotabaru selalu saja  terjadi kebakaran hutan. Tapi rata-rata kebakaran tersebut bukan dari faktor alam, lebih kepada kelalaian manusianya.

Dishut mengakui, kalau masih banyak warga di pedesaan Kotabaru membakar ladang di musim kemarau baik untuk ditanami atau kegunaan lainnya. Kabid Pengamanan dan Perlindungan Hutan Dishut Kotabaru, Dewi Wulandari SHut beberapa waktu lalu mengatakan, kesadaran warga akan bahaya membuka lahan dengan cara membakar masih kurang.

Buktinya adalah, tiap tahun titik-titik api selalu muncul akibat aktivitas ini. Dari itu, pihaknya berharap peran aktif dari berbagai elemen masyarakat, turut mensosialisasikan bahaya kebakaran hutan dan dampaknya bagi lingkungan yang tidak baik. Dia mengatakan, keadaan tersebut memang merupakan tantangan bersama yang harus dicarikan solusinya. Dimana pemerintah dan warga diharapkan bisa saling bekerjasama dengan maksimal lagi kedepan. (zal) Sumber : Radar banjarmasin

pauziah

Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.

View all contributions by pauziah

Website: http://foreibanjarbaru.or.id