BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru 11/10/19),  Walikota Banjarbaru,  H. Nadjmi Adhani  meresmikan  Rusa Sambar Edupark  Balai Litbang LHK Banjarbaru  dalam acara “Launching  Edupark  Balai Litbang LHK Banjarbaru, Kamis, 10 Oktober 2019.

Dalam sambutan nya Nadjmi sangat menyambut baik hadirnya edupark di Banjarbaru

“Harapannya kehadiran edupark ini dapat menjadi sarana edukasi dan tentunya akan memperkaya destinasi  wisata baru di Banjarbaru.  Selain itu lokasi  areal kantor Balai Litang LHK Banjarbaru  juga di tetapkan sebagai hutan kota Banjarbaru, ,” Ujar Nadjmi.

Kepada  Walikota Banjarbaru,  Kepala BP2LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmito Hadi menjelaskan bahwa, rusa yang ditangkarkan di Edu Park ini merupakan rusa asli dari Indonesia khususnya Kalimantan. Walau jumlahnya hanya sedikit, yaitu satu jantan dan satu betina, namun dengan pemeliharaan dan pengelolaan yang baik harapannya akan terus bertambah jumlahnya.

Edupark rusa sambar ini adalah bentuk program lingkungan keanekaragaman hayati (Kehati) antara PT. Pertamina DPPU Syamsudin Noor dan Balai Litbang LHK Banjarbaru.  Operation Head (OH) PT. Pertamina DPPU Syamsudin Noor Aripto Sambu Bowo , menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Pertamina terhadap lingkungan dan tentunya dapat mengedukasi masyarakat umum terkait Rusa Sambar (Rusa unicolor).

Setelah meresmikan langsung Rusa sambar Edupark Walikota Banjarbaru  menaman pohon tengkawang sebagai bukti bahwa beliau pernah berkunjung ke Balai Litbang LHK Banjarbaru dan menambah koleksi pohon di areal tersebut.

Terakhir secara bersama-sama Walikota Banjarbaru, General manajer PT. Pertamina DPPU Syamsudin Noor dan Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru melakukan pengguntingan pita secara simbolis sebagai tanda diresmikannya Rusa Sambar Edupark Balai Litbang LHK Banjarbaru.

Selain itu para undangan dengan antusias mengunjungi spot edupark yang lain seperti Edupark Kelulut, Persemaian, Pembuatan Kompos dan plot tanaman Ulin. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinasi Kalsel dan Kota Banjarbaru, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, UPT lingkup KLHK , General Manajer Angkasa Pura  Syamsudin Noor, General Manajer beberapa maskapai penerbangan, perwakilan sekolah-sekolah di Banjarbaru dan Banjarmasin.

Written by :