BP2LHKBJB (01/11/19). Di akhir masa tugasnya Ir. Tjuk Sasmito Hadi, Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru, menyambut kedatangan murid TK B Raudhatul Athfal  (RA) Ulumul Qur’an (UQ) Al Madani , Kamis 31 Oktober 2019.  “Di Balai ini ada 2 ekor rusa , betina dan jantan, Namanya Tesha dan Enji, ayo anak-anak ada yang tau kaki rusa ada beberapa ?  Tanya Tjuk mencairkan suasana di tengah 65 orang anak TK b. Disambut dengan jawaban serempak  anak-anak yang ceria “empaaaat”.

Tak lupa Tjuk mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan dari RA. UQ Al.Madani ke Balai Litbang LHK Banjarbaru. “ Disini ada beberapa yang bisa dilihat dan dipelajari oleh anak-anak, ada arboretum, edupark kelulut, edupark rusa sambar dan juga edupark anggrek yang terbaru”, jelas Tjuk.     “  Nanti ada Bapak dan Ibu peneliti dan teknisi yang akan mengajari anak-anak untuk mengenal edupark di Balai ini, ujar Tjuk .  “Tapi ingat pesan bapak, anak-anak buang sampah pada tempatnya ya,  OK Selamat Belajar,  ujar Tjuk di akhir sambutannya.

Kepala sekolah RA. UQ Al Madani, Khusnul Khatimah  berterimakasih atas sambutan hangat dari Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru. “ Kami sangat berterimakasih anak-anak kami dapat diterima dengan baik di Balai ini , ujar Khusnul.

Sebelum masuk acara inti, Tjuk memberikan Penghargaan dan apresiasi berupa sertifikat kepada Kepala Sekolah RA. UQ. Al Madani atas wujud kepeduliannya terhadap lingkungan hidup kepada anak usia dini.

“Anak-anak tahu apa itu arboretum ? Tanya Safinah , peneliti Balai Litbang LHK Banjarbaru. “ Nah arboretum adalah tempat koleksi berbagai pohon ditanam”. Enak nggak dibawah naungan pohon? Sejuk kan ? Pohon-pohon di dalam hutan fungsinya banyak, bisa membersihkan udara, bisa dibuat jadi kursi dan alat rumah tangga lainnya, dan menyediakan air karena akar pohon menyerap air , jelas safinah.

Dilanjutkan oleh Junaidah peneliti Balai Litbang LHK Banjarbaru, memperkenalkan beberapa jenis tanaman di arboretum. “ Ini pohon ulin, pohon ini gunanya untuk bahan bangunan, anak-anak ada yang rumahnya dari kayu nggak ? tanya Junaidah ke anak-anak yang asik memperhatikan pohon-pohon di arboretum.

Supaya anak-anak mengetahui cara menyemai tanaman, Tri Wira Yuwati , peneliti dan Budi Hermawan Teknisi Balai Litbang LHK Banjarbaru mengajak anak-anak langsung praktek menyemai tanaman. Tangan kecil mereka terlihat menggemaskan mengikuti arahan Tri dan Budi cara menyemai benih ke dalam media tanam.

Berikutnya anak-anak diajak ke edupark kelulut, disambut oleh Siswadi peneliti Balai Litbang LHK Banjarbaru. “ Anak-anak punya rumah kan, si kelulut yang mungil ini juga punya rumah, disini nih rumahnya, ujar Siswadi sambil menunjukkan rumah koloni kelulut . Anak-anak penasaran bagaimana sarang kelulut, jadi Siswadi mengajak anak-anak melihat dan bahkan memegang langsung sarang kelulut karena kelulut aman  dan tidak menyengat.

Terakhir anak-anak melihat langsung si Enji dan Tesha yang sudah mereka tunggu-tunggu. “ Rusa itu makannya apa bu ? Tanya Zahra, salah satu anak.  “Rusa makannya sayuran, buah-buahan dan juga rumput”, jawab Gravi Marga Setha teknisi Litkayasa Balai Litbang LHK Banjarbaru.

Acara ditutup dengan foto bersama anak-anak RA. UQ Al Madani bersama para ibu-ibu guru. Ada beberapa orang tua murid  yang memilih selfi dan wifi baik di edupark kelulut, persemaian dan juga edupark rusa sambar.

Written by :