BP2LHKBJB, Banjarbaru 04/11/19, Sehari sebelum akhiri masa tugasnya di Balai Litbang LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmito Hadi, MSc meresmikan Anggrek Edupark , Rabu 30 Oktober 2019. Edupark ini terwujud sebagai bentuk  Balai Litbang LHK Banjarbaru dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam  program pelestarian keanekaragaman hayati.

“Dibukanya kawasan Anggrek Edupark ini, karena kita ingin mengkonservasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya para milenial. Karena dengan mengkonservasi anggrek, artinya juga mengkonservasi hutan dan lingkungan.Tanpa hutan, Anggrek tidak ada.  Selain itu kantor kami sering dikunjungi kaum milenial yang masih berstatus pelajar, untuk berwisata. Jadi, tujuan edukasi Anggrek ini khususnya untuk para generasi muda” ujar Tjuk dalam sambutannya.

Lebih lanjut Tjuk menjelaskan bahwa alasan lain pembangunan Anggrek edupark ini, karena anggrek sangat populer di masyarakat. Spesiesnya juga banyak, mencapai 5.000 spesies dan 2.000 – 3.000 spesies tersebut ada di Kalimantan.

“Khusus di Anggrek Edupark sampai saat ini terdapat 38 spesies, sejumlah spesies anggrek langka juga ada, contohnya  Anggrek Hitam dan akan ditambah koleksi untuk kedepannya”, lanjut Tjuk.

“Selain berbagai edupark yang ada , balai ini memang kita harapkan juga menjadi Eco Office. Jadi di masa depan, kita tidak hanya  bekerja di dalam ruangan,di lingkungan sekitar kantor pun bisa disulap sebagai tempat kerja.. Karenanya  mari kita jaga bersama anggrek edupark ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Puji Widayati Nuryani Pimpinan BRI Cabang Martapura, , mengatakan “pembangunan Anggrek Edupark ini memang telah lama direncanakan , jadi kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian BRI terhadap pelestarian keanekaragaman hayati dan kebetulan saya juga pencinta anggrek”, ujar Puji

“Tentunya kita berharap generasi muda mengenal keanekaragaman hayati terutama Anggrek. Sehingga mereka bisa menjadi pecinta lingkungan, karena anggrek  merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia. Sekarang sudah ada wadahnya, disini (Anggrek Edupark),” jelasnya.

Puji juga mengungkapkan, di setiap spesies Anggrek terdapat label yang menerangkan nama latin berbagai spesies Anggrek, sehingga memudahkan edukasi kepada pelajar dan pengunjung

Sebagai informasi di Anggrek edupark ini terdapat yang unik yaitu Anggrek supermini bernama Oberonia Nitidicauda berukuran 1 milimeter. Sehingga, pengunjung perlu menggunakan lensa pembesar untuk dapat melihatnya.

Written by :