(Banjarbaru, 19/11/2019)  Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Banjarbaru dipercaya untuk berbagi pengalaman terkait pengelolaan lingkungan di lingkungan kantor pada kegiatan Apresiasi Program Kampung Iklim yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Senin 18 November 2019, di Banjarbaru.

Bertindak sebagai salah satu narasumber dalam acara tersebut, mewakili Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru, Peneliti Madya, Wawan Halwany, S.Hut., M.Sc., memaparkan berbagai upaya yang telah dilakukan Balai Litbang LHK Banjarbaru dalam mendukung kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan terutama dalam mengelola lingkungan kantor. “Kantor kami berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan baik dalam bentuk mengelola Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) maupun dengan membangun Edupark Kelulut, Rusa sambar, Anggrek, Arboretum dan Persemaian yang dapat dijadikan sarana belajar bagi masyarakat terutama anak-anak”, ungkap Wawan. “Selama ini sudah banyak sekolah-sekolah dari tingkat Paud sampai perguruan tinggi yang berkunjung dan belajar di Balai kami”.  Terbukti sampai bulan Oktober 2019 sudah 7 sekolah dengan kurang lebih 500 siswa dan 789 pengunjung umum yang datang dan belajar di Edupark Balai Litbang LHK Banjarbaru.

Bagi hadirin sekalian yang ingin melihat langsung Edupark dan hasil-hasil penelitian dapat berkunjung dengan mengirimkan surat ataupun datang langsung ke kantor kami ”, jelas Wawan menjawab pertanyaan dari salah satu peserta yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Rowi Rawatianice yang menanyakan bagaimana caranya bila ingin mengetahui lebih dekat tentang eco office dan Edupark BP2LHK Banjarbaru sehingga bisa menjadi rujukan dan referensi bagi masyarakat luas seperti saat ini.

Selain dari Balai Litbang LHK Banjarbaru, Agrotekno Edupark Bank Indonesia Kalsel turut membagikan kisah pengelolaan lingkungan dengan cara mendukung penerapan teknologi pertanian, peternakan dan perikanan yang ramah lingkungan di Kalimantan Selatan.

Di akhir acara sebanyak 22 Desa yang telah sukses mengelola lingkungan sekitarnya, mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim, yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan , Ir. H. Ikhlas, MP.

Sebagai informasi, kegiatan ini dihadiri kalangan birokrat dan juga masyarakat umum. Diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan, dari KLHK yang hadir adalah dari Balai PPI, dari  pihak swasta seperti perusahaan Pama dan Adaro, dan para awak media. Selain itu juga turut hadir para Camat  dan Kepala Desa yang mendapatkan apresiasi Program Kampung Iklim.

Keikutsertaan Balai Litbang LHK Banjarbaru dalam kegiatan ini membuktikan bahwa kiprahnya sebagai institusi Litbang dalam mengelola lingkungan sudah cukup dikenal, sehingga didaulat untuk membagikan pengalaman dan hasil yang sudah dicapai. Semoga kedepan akan terus berkiprah demi lestarinya hutan dan lingkungan hidup.

Written by :