Komisi III Konsultasi ke Kemen LH

Komentar Dinonaktifkan pada Komisi III Konsultasi ke Kemen LH 89
BANJARMASIN – Selain meminta masukan terkait penyusunan konsep atau draft Rencana Peraturan Daerah (Raperda) tentang Reklamasi Pasca Tambang Batu Bara, Komisi III DPRD Kalsel yang membidangi pembangunan, infrastruktur, dan pertambangan ini juga melakukan konsultasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen LH) RI guna membahas Raperda tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Kalsel.
Peraturan tentang RPPLH yang merupakan Perda inisiatif dewan ini dibuat dengan harapan kondisi lingkungan daerah yang terkenal dengan sebutan bumi Lambung Mangkurat ini bisa lebih baik dan terhindar dari kerusakan lingkungan.
“Saat ini kita sangat prihatin dengan kondisi wilayah Kalsel karena maraknya pertambangan batu bara dan perambahan hutan illegal memperhatikan kondisi lingkungan sehingga membuat kerusakan lingkungan,” kata anggota Komisi III DPRD Kalsel Ibnu Sina. Kalau sampai hal ini terus dibiarkan tanpa ada pengelolaan atau pengawasan terhadap kondisi lingkungan  tersebut,  maka sudah bisa dipastikan bencana alam seperti banjir selalu terjadi.
“Beberapa hari lalu yakni pada 21-23 Januari 2013, Komisi III DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja ke Kemen LH RI guna meminta masukan dan konsultasi terkait penyusunan draf Raperda RPPLH Kalsel,” ujarnya. Ia mengungkapkan, penyusunan Raperda tentang RPPLH ini dilakukan dengan tujuan agar pengelolaan lingkungan hidup jadi lebih baik.
“Kita berharap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup makin baik,” ujarnya. Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi III DPRD Kalsel, Rakhmat Nopliardy bahwa konsultasi ke Kemen LH untuk mencari solusi kondisi lingkungan hidup di Kalsel terkait perlindungan dan pengelolaannya sesuai dengan Raperda yang ingin dibuat. Raperda RPPLH ini sangat diperlukan untuk menjaga kerusakan lingkungan hidup di Kalsel.,” ucapnya. (hni)
 Sumber : Radar Banjarmasin online, sabtu 26 Januari 2013
pauziah

Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.

View all contributions by pauziah

Website: http://foreibanjarbaru.or.id