BP2LHK_Banjarbaru(Banjarbaru_24012020). Sejak launching Edupark Rusa Sambar tanggal 10 Oktober 2019 dan Konservasi Anggrek tanggal 30 Oktober 2019, kawasan edupark Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru semakin hari semakin ramai oleh pengunjung baik dari sekolah-sekolah maupun umum.

Edupark BP2LHK Banjarbaru temasuk dalam kawasan perkantoran BP2LHK Banjarbaru yang berlokasi di Jl. A. Yani km. 28,7 Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Di areal ini, tersedia beberapa sarana edukasi yang bertujuan untuk mengenalkan hutan, satwa, membuat tanaman dan manfaat-manfaat lainnya. Sarana-sarana yang tersedia antara lain : arboretum, Edupark rusa sambar, edupark kelulut, konservasi anggrek, plot tanaman asli lokal Kalimantan, persemaian dan pengenalan alat-alat dan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan. 

Tingginya antusiasme masyarakat terlihat dari jumlah pengunjung yang meningkat pesat selama 3 bulan terakhir. Tercatat, sejak bulan Oktober 2019 pengunjung edupark mencapai 3000 orang lebih dimana 55 % diantaranya berasal dari sekolah – sekolah  dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi dan sisanya adalah pengunjung umum baik dari masyarakat setempat maupun instansi. Kunjungan dari sekolah dilaksanakan setiap hari Rabu dan diberi materi pendampingan sesuai dengan tingkat pendidikan siswa. Sedangkan kunjungan dari masyarakat umum banyak dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu.

Minat masyarakat yang sangat tinggi terhadap edupark BP2LHK Banjarbaru menunjukkan bahwa masyarakat sangat tertarik dengan wisata edukasi. Edupark BP2LHK Banjarbaru sendiri merupakan salah satu bentuk wisata edukasi atau wisata pendidikan yaitu suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan didalamnya. Program ini dikemas sedemikian rupa menjadikan kegiatan wisata /kunjungan yang memiliki kualitas dan berbobot. Selain melihat berbagai objek menarik, pengunjung juga diajarkan tentang banyak hal terkait objek tersebut. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa program wisata edukasi sendiri telah terbukti efektif untuk meningkatkan pola pembelajaran dan sosialisasi para siswa.

Menciptakan wisata pendidikan yang lebih berbobot menjadi “PR” besar bagi pengelola Edupark BP2LHK Banjarbaru. Kebutuhan sekolah dalam membina dan mendidik para siswa secara langsung di alam, kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang mendidik dan kebutuhan BP2LHK Banjarbaru untuk mendiseminasikan ilmu pengetahuan serta hasil-hasil penelitian menjadi motivasi besar dalam pengembangan edupark BP2LHK Banjarbaru.

Jadi, buat teman-teman yang bingung mau kemana hari Sabtu dan Minggu, ayo datang ke Edupark BP2LHK Banjarbaru. Ayo kita berwisata sambil belajar (***JND).

Written by :