Sebagai upaya mencegah merebaknya virus corona (covid–19), pengelola Edupark Balai Litbang LHK Banjarbaru memutuskan untuk menutup sementara wahana edukasi tersebut sejak hari ini (16/03). Kunjungan ke edupark ditutup sementara sampai pemberitahuan berikutnya.

Keputusan ini diambil sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri LHK No. SE. 1/MENLHK/SETJEN/SET. 1/3/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID–19) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam Surat Edaran tersebut memutuskan memberlakukan kebijakan sebagian pegawai untuk sementara waktu bekerja di rumah, jadi diberlakukan sistem piket.

Seperti diketahui bahwa Edupark Balitbang LHK Banjarbaru yang menyediakan beberapa wahana edukasi seperti penangkaran rusa sambar, taman kelulut, taman anggrek, ulin, persemaian dan arboretum aneka tanaman kehutanan eksotik Kalimantan merupakan tempat wisata edukasi terbaru yang menarik perhatian akademika dan masyarakat di Kalimantan Selatan.

Sejak dibuka sekitar pertengahan tahun 2019 lalu, setiap minggu–nya Edupark ini menerima kunjungan para pelajar mulai dari kelas TK Paud, SD, SMP, SMU hingga mahasiswa dari berbagai sekolah & perguruan tinggi yang ada di sekitar Banjarbaru & Banjarmasin.

“Hingga awal 2020 ini sudah tercatat lebih dari 3000 orang telah mengunjungi Edupark Balitbang LHK Banjarbaru”, terang Norliani selaku salah satu pengelola Edupark.

“Dan sampai saat ini surat ijin kunjungan dari sekolah–sekolah terus bertambah hingga kami kami kenakan waiting list”, pungkasnya.

Selain dapat menikmati suasana asri bernuansa rimba dan wahana edukasi yang disediakan, para pengunjung juga mendapatkan wawasan baru tentang serba–serbi pengetahuan ilmiah disetiap spotnya. Program ini dapat diambil pada edisi Rabu Mengajar. Edupark ini juga terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi setiap hari tanpa pendampingan dari tim pengajar & tanpa dipungut biaya.

Adanya inisiatif menutup sementara Edupark ini, tentunya pengelola melakukan penundaan kunjungan sekolah–sekolah ke Edupark yang sebelumnya sudah dijadwalkan. Tim pengelola sepakat akan segera mengirimkan surat penundaan kunjungan tersebut.

“Penundaan kunjungan terlebih dahulu akan kami konfirmasi lewat Whatshap dan selanjutnya surat resmi penundaan kunjungan Edupark untuk sekolah–sekolah yang sebelumnya sudah dijadwalkan akan segera kami kirimkan” tutur Lilis Kurniati, Kepala Subbag DIK ,  sekaligus koordinator  dokumentasi  Tim Pengelola Edupark Balitbang LHK Banjarbaru.

Written by :