Kegiatan pembekalan CPNS 2019 online dari BP2LHK Banjarbaru pada tanggal 27 Januari 2021 dihadiri oleh 3 CPNS dengan Jabatan Peneliti yaitu Dian Pratiwi, Nida Humaida, serta Boby Bagja Pratama. Hadir pula  Plt. Kepala Balai Rahayu Setyawati S.Hut, MP mendampingi para CPNS.

 “ Adek-adek yang duduk disini merupakan orang-orang yang terpilih, bagaimana tidak? Dari sekitar 20 ribuan orang yang mendaftar hanya 616 orang yang mengikuti pembekalan ini. Hanya 3% dari total pelamar seluruh Indonesia”, ujar Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengawali arahannya.   

Siti juga menyampaikan bahwa saat ini dengan tahapan seleksi yang sangat kompetitif sudah selayaknya mendapat hak dan tanggung jawab yang setimpal dengan perjuangan yang telah dilewati. “Berdasarkan pengalaman, kesejahteraan PNS kini lebih diperhatikan dibandingkan masa saya masih aktif bekerja. Kesejahteraan yang sudah dapat bersaing dengan karyawan swasta, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan dapat fokus sebagai abdi negara”, tegas Siti.

Tanggung Jawab sebagai ASN

Sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat, PNS harus menerapkan Public Life Principle, yaitu  Selflesness – bukan urusan pribadi, tidak melibatkan kepentingan pribadi di lingkungan tempat bekerja, Objektif dan Terbuka, Integritas – Bertindak berdasarkan ketentuan yang sudah berlaku, tidak ada intervensi baik diri sendiri, keluarga, ataupun pihak lain, dan Akuntabilitas –  Tanggung jawab. Apa yang kita kerjakan, apa yang tidak kita kerjakan harus terukur dan jelas alasannya.

Siti juga menyampaikan ketika menjadi bagian ASN, PNS tidak dapat bertindak seperti masyarakat umumnya seperti sebagian hak demokratis, karena PNS sudah menjadi bagian pemerintah itu sendiri. Sehingga ketika sudah menjadi bagian ASN, PNS harus mengikuti aturan birokrasi.

Pada kesempatan ini juga Siti juga menyampaikan fungsi birokrasi PNS. Selain fungsi administrasi, pembukuan perkantoran dan arsiparis, PNS juga dituntut memiliki fungsi sebagai (1) Policy Advice – Memberikan masukan terhadap kebijakan yang ada dan mampu mengartikulasikan kebijakan yang diperintahkan oleh atasan. (2)Stabilitas – Menjaga stabilitas pemerintahan. Dalam hal ini Siti menyampaikan bahwa pekerjaan birokrasi terbagi habis dalam bentuk Chain of Command contohnya dalam Sekretariat Jenderal, tanggung jawab Staf > Kabiro > Kabag > Kasubbag > Kasi > Dirjen. Fungsi tersebut membantu ASN dalam melaksanakan tugasnya sesuai instruksi dari atas ke bawah-satu suara.

Berdasarkan UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, Siti juga turut menjelaskan Merit System. Sistem tersebut telah mengatur dan membantu pemerintah dalam melakukan perbaikan terhadap system penilaian jenjang karir abdi negaranya yang berkeadilan tanpa memperhatikan senioritas dan SARA. Artinya kesempatan yang luas terbuka kepada seluruh aparatur negara dalam berjenjang karir. Siapa yang mampumaka dia layak menduduki jabatan tertentu sesuai dengan keahliannya dengan mekanisme yang telah ditentukan oleh negara. Sistem tersebut juga turut disampaikan lebih detail oleh Plt. BP2LHK Banjarbaru, Rahayu dalam pembekalan CPNS 2019 ini.

Peran KLHK di Pemerintahan Indonesia

KLHK mengemban tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup & kehutanan untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. KLHK bertanggung jawab untuk meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup serta mengelola dan melestarikan seluruh kawasan hutan & lingkungan di Indonesia. Pada periode kepemimpinan 2020-2024 KLHK memiliki sasaran strategis yang meliputi (1)Pilar ekologi. Terwujudnya lingkungan hidup dan kehutanan yang berkualitas serta tanggap terhadap perubahan iklim. (2) Pilar ekonomi. Terciptanya optimalisasi pemanfaatan sumber daya hayati dan lingkungan hidup sesuai dengan daya dukung dan daya tampung lingkungannya. (3) Pilar tata kelola / governance / mekanisme kerja. Terselenggaranya tata kelola dan inovasi pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan yang baik serta kompetensi sumber daya manusia KLHK yang kokoh dan berdaya saing. (4) Pilar sosial. Terjaganya keberadaan fungsi dan distribusi pemanfaatan sumber daya hayati dan lingkungan hidup yang berkelanjutan dan berkeadilan.

, “Jadilah penyejuk di kala badai menerjang bangsa ini seperti potret keindahan satwa di Taman Nasional jangan sebaliknya menjadi berisik di medsos dengan komentar-komentar yang belum kita paham betul mengenai isu yang sedang terjadi karena urusan KLHK merupakan urusan yang sangat kompleks, tidak bisa hanya dilihat berdasar common sense belaka”,  Pesan Menteri LHK terkait  pentingnya  profesionalitas di KLHK

Pernyataan beliau menggambarkan banyaknya elemen masyarakat yang justru fokus menyalahkan satu pihak dibanding mencari jalan keluar. Beliau berharap sebagai ASN dapat menjadi lebih baik mencari solusi dan mendukung pemerintahan. Menjadi bagian KLHK merupakan pekerjaan tangguh karena bekerja sebagai tulang punggung negara yang melindungi segenap tumpah darah dan bangsa
menjaga jutaan hektar hutan kawasan, memanfaatkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan bangsa, hingga menjaga ketertiban dunia.

Ibu Siti Nurbaya juga menyampaikan pesan dari Presiden RI , yang menegaskan kepada CPNS 2019 bahwa kita harus merubah cara kerja, dari biasa menjadi luar biasa, dari cara berbelit-belit jadi singkat, lebih adaptif namun tidak mengurangi produktivitas. Selain itu mampu memberi muatan positif, iklim sejuk pada masyarakat di era media sosial. Peningkatan sumber daya manusia juga perlu dalam bentuk kepemimpinan karena beliau ingin Indonesia menjadi negara maju. Sebagai ASN diwajibkan harus selalu update ilmu dan fakta lapangan, begitu juga dengan ASN yang tersebar di pelosok tanah air yang bekerja sebagai on street beraucrat atau posisi mengambil keputusan saat itu juga ketika di lapangan seperti polhut, pengawas ekosistem dan melaporkan kepada atasan, jelas Siti.

Terakhir beliau menyampaikan “CPNS dari hari pertama bekerja ini marilah membangun niat menjadi ASN yang berkontribusi positif kepada bangsa dan negara, memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat secara prima, turut menjadi bagian dari sejarah perjalanan bangsa melalui kiprah di KLHK untuk mewujudkan Indonesia maju, pembangunan kehutanan yang berkelanjutan, memberikan kesejahteraan masyarakat dan rasa keadilan” , pungkas Siti Nurbaya diakhir arahannya.

Written by :