Pemerintah Mesti Batasi Eksploitasi Lingkungan

Komentar Dinonaktifkan pada Pemerintah Mesti Batasi Eksploitasi Lingkungan 74
BANJARBARU – Puluhan Mahasiswa, mengecam tindakan pemerintah, memberikan keleluasaan terhadap pihak pengusaha yang tidak memperhatikan pelestarian lingkungan. Itu tampak dalam unjuk rasa, di kawasan Taman Van Der Pilj, Banjarbaru pada momentum hari bumi sedunia Senin (22/4) sore kemarin.
Dalam aksinya, mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru itu, menggelar teatrikal, menggambarkan habitat alam, seperti hutan dan hewan junis monyet yang terganggu kelestariannya.
Sedikitnya, 700 lembar stiker tentang peringatan hari bumi sedunia. Melalui stiker tersebut, tertulis imbauan “hutan adalah aset oksigen kita, jaga dan rawat pohon di sekitar kita” tidak segan, sejumlah mahasiswa juga menempelkan stiker tersebut di sejumlah kaca pengendara yang melintas.
Arus lalu lintas sore itu sempat terganggu, lantaran sejumlah pengendara yang sengaja berjalan pelan, karena tertarik dengan aksi tersebut. Ketika itu, mahasiswa yang kompak berseragam pakaian dinas lingkungan (PDL) warna hijau, terlihat membentangkan spanduk selamat hari bumi 2013.
Dalam orasi salah seorang perwakilan mahasiswa mengajak masyarakat agar menyadari betapa pentingnya alam dan lingkungan untuk kelangsungan seluruh makhluk hidup termasuk manusia. Hingga, kepedulian masyarakat itu membutuhkan perhatian serius dari pihak pemerintah.
Ditemui di lokasi sore itu, koordinator pelaksana aksi damai peringatan hari bumi sedunia Andre menyatakan, aksi tersebut digelar dengan persetujuan pihak kampus. “Melalui aksi ini, kami berharap masyarakat mau menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan itu,” ujarnya.
Menurutnya, semua pihak harus mau serius memperhatikan kelestarian lingkungan. Khususnya para pengusaha tambang, perumahan dan pengembang lain yang kenyataannya tidak memperhatikan aspek pelestarian lingkungan. “Lahan tambang terus mengalami perluasan, sementara kegiatan perbaikan, reklamasi dan penghijauan sangat minim dilakukan,” tegasnya.
Begitu pula, Hidayatunnisa dengan semangat mengatakan, pemerintah seharusnya yang lebih bertanggungjawab dan berperan langsung untuk membatasi tindakan penguasaha yang mengeksploitasi sumber daya alam tanpa memperhatikan kelangsungan lingkungan itu sendiri. “Ini merupakan aksi kecil kami, tapi dari sosialisasi dan imbauan ini ada hal yang besar dampaknya untuk kebaikan dunia,” tuturnya.
Bukan hanya sampai disitu, rencananya dalam satu bulan kedepan, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan tersebut akan menggelar berbagai kegiatan sosialisasi terkait hari bumi sedunia. “Diantaranya, melakukan pendekatan dengan anak-anak usia dini dan merangkul komunitas remaja serta even musik dan gelaran lomba olahraga seperti basket,” ujarnya. (kim/by/abj)
Sumber : radar banjarmasin online
pauziah

Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.

View all contributions by pauziah

Website: http://foreibanjarbaru.or.id