Kintap. Selama 3 hari dari tanggal 25 -27 April 2013 SMU Katholik Kanaan Banjarmasin berkunjung ke KHDTK Kintap untuk lebih mengenal hutan dan lingkungan, mengingat rutinitas sekolah yang padat, kegiatan ini sangat menarik dan membawa kesan tersendiri bagi siswa-siswa SMU termasuk juga para pembina atau para-guru sekolah tersebut.

3 hari 2 malam menginap di tengah hutan, mungkin sesuatu yang belum terbayangkan sebelumnya oleh mereka. Suara binatang malam di hutan bersahutan menjadi hiburan tersendiri dan langka, meskipun sebagian besar membawa peralatan elektronik sebagai hiburan.

Selama disana para siswa dibimbing oleh Ir.Sudin Panjaitan, MP selaku peneliti yang  memperkenalkan jenis-jenis tanaman pohon di hutan alam. Selain itu Ir.H.Sukyar Faidil,MP, H.Mukhlisin, Norliani,S.Hut, dan Yusep Gerry Laksono selaku tim pengelola KHDTK Kintap juga turut serta membimbing para siswa.

Kegiatan ini diikuti oleh 32 siswa dan 4 orang guru pembimbing dari sekolah tersebut. Para siswa sangat terkesan karena dapat melihat langsung apa yang selama ini mereka pelajari dalam ilmu pengetahuan Alam, yang semuanya berupa teori, dan kali ini mereka bisa langsung melihat wujud nyatanya. Selain itu mereka juga diberikan kesempatan untuk menanam satu jenis pohon sebagai kenang-kenangan bahwa mereka telah menanam pohon di KHDTK Kintap.  Diharapkan dari kegiatan ini terbentuk kesadaran kepada para siswa untuk menjaga dan melestarikan hutan.

Written by :