Nuansa peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw begitu kental terasa di Kota dan Kabupaten di Propinsi Kalimantan Selatan. Salah satunya terasa di  desa Riam Adungan, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut. “Peringatan Isra Mi’raj digelar di Langgar Darul Arifin, pada hari Kamis 5 Juni 2013 pada pukul 10.00 WITA” ujar H.Mukhlisin , Penanggungjawab KHDTK Kintap.

Peringatan Isra Mi’raj ini menjadi momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan sosialisasi KHDTK Kintap dengan warga sekitar. Ir. H. Tjuk Sasmito Hadi, MSc selaku Kepala Balai Penelitian Kehutanan Banjarbaru yang memberikan sambutan dalam acara tersebut menuturkan, “ Mari kita bekerjasama menjaga lingkungan, tanpa peran serta masyarakat tentu kegiatan di KHDTK Kintap tidak akan berjalan dengan baik. Terlebih lagi dengan banyaknya jenis-jenis tanaman obat di KHDTK Kintap, bila dikelola dengan baik, dapat menunjang ekonomi masyarakat dan hutan tetap terjaga kelestariannya “.  

Sementara itu selaku penceramah Isra Mi’raj di acara tersebut, Ustadz Mujiburrahman, S.Ag mengatakan, peringatan Isra Mi’raj mengandung makna yang dalam khususnya dalam hal perintah shalat lima waktu yang akan melahirkan sikap taqwa. Tentunya sebagai hamba Allah yang bertaqwa kepada Allah SWT meyakini bahwa memelihara bumi termasuk hutan adalah kewajiban yang pastilah akan mendapatkan pahala dan keberkahan bila kita melaksanakannya.

Tema yang diangkat dalam peringatan Isra Mi’raj kali ini adalah Dengan Peringatan Isra Mi’raj, Mari Kita Tingkatkan Semangat Menjaga Kelestarian  Hutan dan Lingkungan. Acara ini dihadiri kurang lebih 250 orang penduduk desa Riam Adungan dari RT 01 s/d RT 08. Turut serta hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Polsek Kintap, bapak Bagus Pitoyo dan M.Sinulingga. Masyarakat sekitar KHDTK Kintap menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan setiap tahunnya, seperti yang dituturkan oleh Kepala Desa Riam Adungan Bapak Mumon.  

 

Written by :