GAMBARAN UMUM

KHDTK Kintap sebagai salah satu sarana dan prasarana kegiatan penelitian, dimana hingga saat ini areal tersebut telah dijadikan objek dan tempat penelitian bagi mahasiswa baik program Strata-1 (S1), Pasca Sarjanan (S2) dan program doctor (S3) dan penelitian lain. Menurut SK Menteri Kehutanan No. SK. 83/Menhut-II/2004 tanggal 10 Maret 2004 luas Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Kintap adalah 1000 ha.

LOKASI

KHDTK Kintap terletak pada areal HPH PT Hutan Kintap, termasuk dalam wilayah Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Laut. Berdasarkan administratif pemerintahan, lokasi ini termasuk dalam desa Riam Adungan, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Berjarak dari Banjarbaru ± 205 km ( jalan aspal 181 km dan 24 km jalan tanah). Areal didominasi oleh vegetasi asal belukar mahang dimana sebelumnya terdiri dari hutan alam produksi.  Secara geografis terletak antara 114°50’32’’ – 115°19’51’’ BT dan 3°36’53’’ – 3°55’40’’ LS.

Topografi datar sampai bergelombang ringan serta berbukit sampai bergunung dengan ketinggian antara 50-625 m dpl. Memiliki kemiringan antara 0-23% atau bergelombang ringan sampai berat.

Berdasarkan peta tanah tematik Kalimantan Selatan tahun 1985, tipe tanahnya podsolik merah kuning dan laterik dari bahan induk batuan beku dengan fisografi datar.

Berdasarkan klasifikasi iklim menurut Schmidt dan Ferguson, iklim di lokasi ini termasuk tipe iklim b dengan nilai Q berkisar antara 13,3 – 33,33%. Musim hujan berlangsung antara bulan November-April dan musim kemarau bulan Mei-Oktober. Suhu Rata-rata 25°C dengan suhu minimum dan maksimum antara 22,6°C dengan 29,9°C. Rata-rata curah hujan tahunan 3.017 mm dan rata-rata hari hujan 154 hari/tahun.

 

Sarana dan Prasarana

Aktivitas penelitian di KHDTK Tumbang Nusa telah ditunjang oleh sarana prasarana penelitian  sebagai berikut :

1.     Base Camp

2.     Mesin Pompa Air

3.     Ruang training

4.     Gudang

5.     Generator listrik

6.   Gerobak

7.   Mesin pemadam kebakaran

8. Kendaraan dinas roda dua

9. Handy receiver

OBYEK PENELITIAN

Ruang lingkup kegiatan penelitian yang telah dan sedang dilakukan, diantaranya :

1. Uji tapak untuk jenis Toona sureni  dan Toona sinensis

2. kajian karakteristik habitat tumbuh suren di Kalimantan dan penelitian pengaruh uji tapak dan jarak tanam terhadap respon pertumbuhan tanaman nyawai (Ficus variegate BL) di Kalimantan

3. tanaman demplot meranti dan beberapa tanaman percobaan tahun sebelumnya seperti Silvikultur Jenis Ulin, Silvikultur Jenis Meranti dan lain-lain

POTENSI FLORA DAN FAUNA

Jenis tanaman yang dijumpai di HP Kintap saat ini sebanyak 107  jenis dan semuanya sudah diidentifikasi, masih banyak terdapat pohon-pohon besar yang berdiameter 60 cm up dilokasi Gunung Penyandar dan Gunung Pulantan.  Satwa yang sering dijumpai di KHDTK Kintap  diantaranya adalah beruang, uwa-uwa, monyet, babi, rusa, kijang, tupai, kancil, biawak dan jenis burung anggang, burung tinjau, burung bubut, dan lain-lain.